Memasuki era globalisasi yang identik dengan istilah modernisasi, semua aspek kehidupan menunjukkan geliat perubahan. Perubahan mengikuti perkembangan teknologi yang ditawarkan era globalisasi. Teknologi adalah salah satu “penawaran” yang sangat menggiurkan karena globalisasi yang notabene adalah suatu proses pembaruan yang mencakup semua aspek kehidupan menggunakan teknologi sebagai media utama. Teknologi sebagai media utama memegang peran penting dalam setiap perkembangan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bidang studi yang dari dulu selalu menjaladi salah satu mata pelajaran favorit di sekolah adalah Bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris menjadi suatu keharusan dalam menghadapi perkembangan teknologi karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang selalu dijadikan pengantar komunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Penggunaan bahasa Inggris pun semakin berkembang.

Advertisement

Berbagai cara dilakukan agar setiap orang bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Setiap orang memiliki cara-cara tersendiri yang bisa mereka gunakan di antaranya mengikuti kursus bahasa Inggris, membaca novel-novel bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris dan lain sebagainya. Contoh-contoh tersebut hanya sebagian cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Padahal pada kenyataannya cara-cara yang mereka lakukan kurang efektif bagi sebagian orang. Mereka terlalu terpaku pada aturan-aturan penggunaan bahasa Inggris yang benar. Aturan-aturan seperti grammar, tenses, dan pronounciation. Semua aturan itu membuat mereka tidak bisa menggali potensi yang lebih dalam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Banyak cara yang lebih modern dan lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Salah satu cara yang sesuai dengan perkembangan teknologi adalah pembelajaran bahasa Inggris melalui Youtube. Dalam situasi ini, pembelajar dapat mencari berbagai macam jenis materi pembelajaran English dengan model audio visual.

Advertisement

Pembelajar cukup mengetik kata kunci “learning English” dan kemudian situs akan menawarkan banyak pilihan, di antaranya Learning English with AJ Hook, Learning English Funny, Learning English with Song, dan masih banyak lagi. Dengan demikian pembelajar sangat dimanja dengan berbagai kemudahan dan dapat memilih topik sesuai kebutuhan.

Adapun beberapa contoh bentuk pengajaran pembelajaran bahasa Inggris yang dijadikan referensi artikel ini adalah sebagai berikut .

A. Learning English Funny

Pembelajaran yang disuguhkan di sini lebih santai dan menyenangkan. Orang- orang yang belajar bahasa Inggris akan merasa belajar layaknya pembelajar adalah temannya sendiri. Kadang disini juga disuguhkan game – game dan contoh-contoh bahasa yang sering ditemukan sehari-hari khususnya di kalangan remaja seperti slang, how to keep a conversation, text messaging, dan lain – lain.

B. Learning English with AJ Hook

Berbeda dengan cara pembelajaran yang pertama. Tipe pembelajaran yang satu ini lebih menjurus ke motivasi-motivasi untuk orang-orang yang akan belajar bahasa Inggris agar lebih menganggap bahwa bahasa Inggris itu menyenangkan dan mudah. Selain itu juga berisi cara-cara mengatasi ketakutan untuk berbicara bahasa Inggris kepada orang lain. Sedangkan materi-materi yang diajarkan berupa dasar-dasar dari pembelajaran bahasa Inggris sendiri seperti Listening, Speaking, Reading dan Writing.

Kesimpulannya, menggunakan video pembelajaran bahasa Inggris, waktu akan lebih singkat dan kita bisa memahami lebih banyak pengetahuan dengan cara interaktif ini. Dengan menggunakan Youtube untuk belajar bahasa asing apa pun, setidaknya bisa mendapatkan empat manfaat, yaitu : proses belajar akan menjadi jauh lebih menyenangkan, belajar cara pengucapan yang tepat dari suatu kata dalam bahasa asing, video mampu membuat memahami materi dengan lebih cepat, dan bisa mendapatkan video pembelajaran tersebut dengan mudah dari internet.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya