#RemajaBicaraKespro-Yuk Pahami Konsep Seks dan Gender Biar Nggak Salah Lagi!

Pentingnya mengenal konsep seks dan gender

Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar istilah seks dan gender? Sebuah jenis kelamin yang dipunyai oleh dua jenis manusia? Atau sebuah konstruksi sosial yang menyekat antara dua jenis manusia dalam hal tertentu? 

Advertisement

Tentunya anggapan seperti itu tidak sepenuhnya salah. Hanya saja anggapan tersebut harus dipahami lebih dalam agar tak keliru ketika kita membicarakannya.

Akhir-akhir ini khususnya di ruang lingkup pertemanan saya seringkali mendiskursuskan tentang pentingnya menanamkan pemahaman seks dan gender. Seringkali istilah tersebut disamakan terutama tentang gender, dimana gender sering dipahami sebagai jenis alat kelamin manusia (laki-laki/perempuan). Nah, bisa jadi seseorang memahami hal tersebut karena kurangnya pemahaman dan wawasan akan istilah gender. Untuk itu agar tidak salah kaprah lagi, mari kita bedah tentang seks dan gender.

Seks

Advertisement

Seks atau seksual adalah berkenaan dengan jenis kelamin (manusia). Pengertian jenis kelamin merupakan sifat terhadap dua jenis kelamin manusia yang ditentukan secara biologis dan mengikat.

Misalnya, manusia berjenis kelamin laki-laki mempunyai penis, berjakun dan memproduksi sperma. Sementara manusia berjenis perempuan memiliki alat produksi yang disebut rahim dan saluran untuk melahirkan, memproduksi sel telur, memiliki vagina dan memiliki organ untuk menyusui atau payudara.

Secara biologis, seks atau jenis kelamin yang melekat kepada manusia baik yang berjenis laki-laki maupun perempuan tidak bisa berubah sejak lahir hingga meninggal. Alat kelamin tersebut akan melekat dan tak bisa dipertukarkan atau seringkali disebut dengan ketentuan Tuhan atau biasa disebut juga dengan kodrat 

Gender

Gender adalah suatu sifat yang melekat pada laki-laki atau perempuan yang dikonstruksi oleh sosial dan kultural. Misalnya bahwa perempuan itu dianggap cantik, lemah lembut, emosional dan keibuan. Sementara laki-laki dianggap dengan jantan, rasional, kuat dan tangguh.

Ciri dan sifat itu bisa dipertukarkan dan tak selamanya mengikat. Seperti laki-laki bisa saja emosional dan lemah lembut sementara perempuan bisa saja memiliki sifat yang rasional dan kuat. Perubahan ciri dan sifat tersebut dapat berubah dari waktu ke waktu, tempat ke tempat dan kelas ke kelas. Itulah yang disebut dengan gender.

Membedakan seks dan gender

Jadi sudah sangat jelas terdapat perbedaan makna dari seks dan gender.

Seks merupakan jenis kelamin manusia yang dibagi menjadi dua yakni laki-laki dan perempuan yang sifatnya melekat dan tidak bisa dipertukarkan atau seringkali disebut dengan kodrat Tuhan.

Sementara gender adalah sebuah kontruksi sosial yang mengatakan bahwa manusia berjenis kelamin laki-laki atau perempuan memiliki ciri dan sifat tertentu. Padahal ciri dan sifat tersebut tidak mengikat bahkan bisa saja berubah dari waktu ke waktu tempat ke tempat dan kelas ke kelas.

 

Akhir kata, mudah-mudahan dengan adanya tulisan ini, pembaca dapat memahami perbedaan antara seks dan gender hingga nantinya dapat bisa memahami lebih lanjut. Terima kasih!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecandu Rokok Kretek

CLOSE