Di dunia ini memiliki bagian zona waktu yang berbeda di setiap belahan bumi. Contohnya di Indonesia tedapat 3 bagian zona waktu: WIB, WITA dan WIT setiap zona waktu memiliki perbedaan 1-2 jam antara 1 dan lainnya. Tapi bukan berati antara daerah yang berada di zona waktu WIB lebih lambat dibanding dengan zona waktu WIT dan WITA. Semua berada di zona waktunya masing.

Sama seperti halnya seseorang yang masih single atau sendiri atau jomblo. Seseorang yang sudah menikah selama 10 tahun tapi belum di karuniai momongan dan seseorang yang menikah setahun tetapi sudah diberikan momongan. Seseorang lulus kuliah di usia 22 tahun, dan langsung bekerja tapi ada yang menunggu 1 hingga 2 tahun untuk mendapatkan pekerjaan tetap. Kemudian seseorang menjadi CEO sebuah Perusahaan di usia 25 tahun dan meninggal di usia 50 tahun, saat yang lain menjadi CEO di usia 50 tahun dan hidup hingga usia 90 tahun.

Advertisement

Seseorang belajar bahasa Arab sejak usia SD tapi wafat saat usia 45 tahun. Yang lain baru belajar Qur’an di usia 63 tahun, tapi mampu membacanya hingga usia 95 tahun, karena di karuniakan kepadanya usia yang panjang nan berkah.

Setiap orang bekerja dan berada sesuai zona waktu nya dan kehidupannya masing-masing. Seseorang bisa mencapai banyak hal dengan kecepatannya masing-masing. Bekerjalah sesuai zona waktumu. Kolegamu, teman-teman, adik kelasmu mungkin tampak lebih maju. Mungkin yang lainnya tampak di belakangmu.

Setiap orang di dunia ini berlari di perlombaannya sendiri, jalurnya sendiri, dalam waktunya masing-masing. Tuhan punya rencana berbeda untuk masing-masing orang. Waktu berbeda untuk setiap orang. Obama pensiun dari presiden di usianya yang ke 55, dan Trump maju jadi presiden Amerika di usianya ke 70.

Advertisement

Jangan iri kepada mereka atau mengejeknya. Itu zona waktu mereka. Kamu pun berada di zona waktumu sendiri. Kamu tidak terlambat. Kamu tidak lebih cepat. Kamu sangat sangat tepat waktu! Tetaplah berada di jalur Tuhan dan semoga jalan yang kita tempuh menjadi berkah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya