Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022 yang Keren Banget

Sebagai turnamen sepak bola terbesar, Piala Dunia pastinya harus selalu menyiapkan yang terbaik, dong~ Keseluruhan pertandingan dirancang secara unik, termasuk bola. Sejak 1930, FIFA selalu menggandeng Adidas untuk mendesain bola. Bahkan, di tahun 2016, rancangan bola khusus mulai digunakan untuk mencocokkan dengan nuansa tuan rumah. Keren banget, kan?

Bola resmi Piala Dunia 2022

Al Rihla di gang

Foto Al Rihla di tengah jalan | Sumber: @roadtoen2022 via twitter.com

Piala Dunia tahun ini juga nggak kalah keren, kok. Untuk pertandingan di Qatar, diluncurkan bola khusus yang diberi nama Al Rihla. Kerennya, Al Rihla jadi bola Piala Dunia yang paling ramah lingkungan karena hanya dibuat dengan tinta dan lem berbahan dasar air. Trendy abis!

Bola Adidas yang satu ini juga digadang-gadang sebagai bola tercepat yang pernah ditampilkan dalam kompetisi, loh. Al Rihla dirancang untuk bergerak lebih cepat di udara daripada bola Piala Dunia lainnya dalam sejarah.

Makna Al Rihla

Al Rihla Bola

Bola Al Rihla di atas rerumputan hijau | Sumber: @roadto2022en via twitter.com

Al Rihla berarti “perjalanan” dalam bahasa Arab. Desain bola ini terinspirasi oleh arsitektur, perahu ikonik, dan bendera Qatar. Skema warna merah, kuning, hitam, dan biru, juga grafik yang semarak semakin menonjol di atas warna dasar putih. Saat bola bergerak, spektrum warna menjadi hidup dan membangkitkan semangat para pemain dan penggemar.

Kualitas bola

Bola Al Rihla

Bola Al Rihla dengan warna-warninya yang mencolok | Sumber: @roadtoen2022 via twitter.com

Dirancang oleh Adidas, kualitasnya nggak perlu diragukan lagi. Melansir FIFA, Direktur Pemasaran FIFA Jean-François Pathy juga memuji Al Rihla, menyebutnya sebagai bola pertandingan yang “menakjubkan, berkelanjutan, dan berkualitas tinggi”.

Untuk merealisasikan bola ini, Adidas menggunakan data dari hasil pengujian ketat di lab Adidas, terowongan angin, dan di lapangan. Hasilnya, Al Rihla memberikan tingkat akurasi dan stabilitas tertinggi di lapangan. Ini karena bentuk panel dan tekstur permukaannya yang baru. Bola ini diharapkan dapat mendorong performa terbaik dari para pemain di Qatar 2022.

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.