Marc Marquez Alami Diplopia Akibat dari Kecelakaan di Mandalika

Marc Marquez mengalami diplopia seperti yang pernah dialaminya pada November 2021

Nasib baik memang sepertinya belum berpihak kepada rider MotoGP asal Spanyol, Marc Marquez. Marquez yang digadang-gadang menjadi juara nyatanya mengalami high side di belokan 7 dalam sesi warm up lap Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu (20/3/2022). Dia jatuh ke aspal sebelum terguling di kerikil Sirkuit Mandalika.

Pembalap berusia 29 tahun itu langsung mendapat perawatan di ruang medis, sebelum diterbangkan ke RS Mataram. Marquez dinyatakan mengalami gegar otak dan cedera pada tangan. Akibatnya, Marquez tidak bisa mengikuti race MotoGP Mandalika 2022.

Kabar terbaru, Marquez ternyata mengalami diplopia setelah kecelakan besar itu. Diplopia adalah istilah medis yang digunakan ketika seseorang melihat dua bayangan dari satu objek atau dikenal juga sebagai penglihatan ganda. Salah satu penyebabnya adalah adanya tekanan atau benturan keras yang berasal dari luar pada satu mata seperti yang dialami Marquez.

Marc Marquez didiagnosis mengalami diplopia atau penglihatan ganda setelah kecelakaan di Mandalika

Marquez

Marc Marquez mengalami Diplopia | Credit: Twitter @HRC_MotoGP

Dikutip dari akun Twitter resmi Repsol Honda pada Selasa, (22/3), pihaknya mengatakan bahwa Marquez mengalami rasa tidak nyaman pada matanya. Hal itu disampaikan saat perjalanan kembali ke Spanyol. Marquez langsung dibawa ke salah satu rumah sakit di Barcelona dan dinyatakan mengalami diplopia seperti yang pernah dialaminya pada November 2021 oleh dokter yang menanganinya.

Selama perjalanan kembali ke Spanyol, Marc Marquez mulai mengalami ketidaknyamanan dengan penglihatannya. dr. Sánchez Dalmau mengkonfirmasi bahwa diplopia yang dialami Marquez November lalu kambuh lagi setelah dilakukan pemeriksaan di Barcelona.” kata pihak Repsol Honda pada Selasa, (22/3).

Sebelumnya diketahui bahwa motor RC123V yang dinaiki oleh Marquez mengalami rusak parah dan harus diperbaiki total. Kabar bahwa Marquez mengalami diplopia menambah berita buruk bagi Marquez dan tim Repsol Honda.

Repsol Honda mengatakan bahwa sedang timnya kini sedang fokus terhadap proses pemulihan Marc Marquez

Marquez

Repsol Honda fokus soal pemulihan Marquez | Credit: Instagram @marcmarquez93

Marquez sendiri dalam laman instagramnya mengatakan bahwa dirinya baik-baik saja setelah mengalami insiden kecelakaan tersebut. Pembalap yang pernah menjuarai MotoGP tahun 2016 sampai 2019 itu juga menyampaikan bahwa dia tidak balapan dulu di #GP Indonesia karena sedang dalam pemulihan dan tidak mau ambil resiko yang membahayakan dirinya.

Dilansir dari GP One pada Selasa (22/3), manajer tim Repsol Honda yaitu Alberto Puig, menegaskan bahwa saat ini pemulihan menjadi hal yang paling penting bagi Marc Marquez. Masih ada jeda cukup lama sebelum MotoGP 2022 dimulai lagi.

Langkah berikutnya adalah pemulihannya. Akhir pekan ini sangat berat,” kata Alberto Puig di GP One, Selasa (22/3).

MotoGP 2022 kembali akan diselenggarakan pada 3 April 2022 di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina. Dalam klasemen MotoGP 2022, Marquez sementara menempati posisi ke-12. Pihak Repsol Honda hingga saat ini belum menyampaikan apakah Marquez akan bertanding atau tidak.

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day