Resmi, FIFA dan UEFA Menjatuhkan Sansi Terhadap Timnas Rusia dan Klub Rusia

Keputusan tersebut diberikan akibat Rusia menginvasi Ukraina

FIFA dan UEFA akhirnya menjatuhkan larangan bagi tim nasional Rusia dan juga semua klub Rusia untuk bertanding dalam kompentisi yang mereka dinaungi induk sepak bola dunia dan Eropa tersebut. Kedua organisasi sepak bola tersebut mengeluarkan pengumuman ini melalui website resmi mereka.

“FIFA dan UEFA hari ini telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan diskors dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA sampai pemberitahuan lebih lanjut.” Pernyataan resmi (28/2), dikutip dari situs resmi FIFA.

Keputusan tersebut tidak lepas dari invasi Rusia ke Ukraina

Dikutip dari Tempo, sebelumnya, FIFA masih menolak untuk memberikan sanksi terhadap timnas Rusia dan memilih untuk meminta timnas Rusia bermain di tempat netral. Namun, setelah bertemu dengan IOC (Internasional Olympic Committee), akhirnya FIFA dan UEFA memutuskan memberikan sanksi tersebut.

Rusia sendiri dijadwalkan akan bermain bulan ini dalam babak play-off kualifikasi Piala dunia di Qatar. Timnas Rusia dijadawalkan akan melawan Polandia pada 24 Maret dan mungkin akan mehadapi Swedia atau Republik Ceko pada 29 Maret.

Spartak Moskow Terkena Imbas Tidak Bisa Melanjutkan Pertandingan

Victor Moses Pemain Spartak Moscow

Spartak Moskow harus menelan pil pahit akibat sanksi yang dijatuhkan FIFA dan UEFA | via Twitter Spartak Moskow

Dikutip dari situs resmi Spartak Moskow, klub kasta teratas Liga Rusia ini menyatakan dengan berat hati menerima keputusan UEFA. Dalam pengumuman tersebut mereka legawa menerima meskipun sangat kecewa.

 “Kami percaya bahwa olahraga, bahkan di waktu yang sulit ini, mampu membangun jembatan, bukan menghancurkan,” dalam pernyataan resmi Spartak Moskow.

Spartak Moskow menjadi klub Rusia satu-satunya yang ikut berkopentisi dalam turnamen antarklub UEFA. Tim asal Moskow ini sebenarnya sudah dijadwalkan akan menghadapi RB Leipzig pada 16 besar Liga Europa. Berdasarkan keputusan dari UEFA ini, Spartak Moskow terpaksa harus tersingkir dalam Liga Europa dan RB Leipzig yang otomatis lolos tanpa bertanding.

Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) melayangkan protes atas keputusan FIFA dan UEFA

Logo RFU (Russian Footbal Union))

RSU melayangkan prostes atas sanksi yang diberikan oleh FIFA dan UEFA | Via Twitter RSU

Sanksi yang diberikan FIFA dan UEFA nyatanya tak membuat Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) tak tinggal diam. RFU langsung merespon sanksi tersebut, mereka menilai sanksi yang diberikan cenderung diskriminatif dan bertolak belakang dengan aspek kompetisi internasional.

“RFU tidak setuju dengan keputusan FIFA dan UEFA yang melarang semua tim asal Rusia bertanding dalam kopetisi internasional dalam waktu yang tidak ditentukan. Kami percaya keputusan ini bertolak belakang dengan aturan prinsip dasar kompetisi internasional, dan juga semngat sportifitas, Ini jelas sebuah tindakan diskriminatif dan mencederai banyak atlet, pelatih, pegawai klub dan timnas, dan terlebih lagi jutaan waraga Rusia dan fans yang ada di luar negeri. Tindakan semacam ini sangta memecah belahkan komunitas olahraga yang selama ini berpegangan pada prinsip kesetaraan saling menghormati, dan independen dari politik.” RFU dalam pernyataan resminya.

Dalam pernyataanya terakhir, RFU akan menantang balik keputusan sanksi yang diberikan oleh FIFA dan UEFA berdasarkan hukum olahraga internasional.

Gimana menurut Sobat Hipwee? Apakah keputusan yang diberikan oleh FIFA dan UEFA sudah tepat?

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.