Tim Negara Asia Tenggara yang Berpeluang Lolos ke Piala Asia 2023

Piala Asia adalah turnamen sepakbola yang diadakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC)

Baru-baru ini Asian Football Confederation (AFC) mengumumkan hasil drawing Piala Asia 2023. Dimana, 24 tim dibagi rata dalam enam grup dan akan memperebutkan 11 tiket untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia adalah salah satu dari tujuh tim yang akan berjuang di kualifikasi Piala Asia 2023. Di mana yang bisa mendapat tiket putaran final adalah 11 tim yang berasal dari juara grup dan lima runner-up terbaik.

Ada lima negara Asia Tenggara yang berpeluang untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Berikut daftarnya:

1. Filipina

Filipina adalah tim yang masuk di grup B bersama dengan Mongolia, Yaman, dan Palestina.

Barisan pemain Filipina seharusnya bisa meraih poin penuh saat berhadapan dengan Mongolia. Namun, Filipina harus memberikan perlawanan tambahan ketika melawan Yaman dan Palestina. Dimana keduanya adalah pesaing utama Filipina untuk bisa masuk ke putaran final Piala Asia 2023 mewakili grup B.

2. Singapura

Singapura masuk dalam grup F bersama dengan Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Myanmar. Negara ini lebih diunggulkan dari Myanmar di atas kertas.

Untuk bisa masuk ke putaran final, Singapura harus bekerja ekstra untuk mengamankan poin dari Kyrgyzstan dan Tajikistan dan menjadi juara grup.

3. Malaysia

Malaysia masuk ke dalam grup E bersama dengan Bangladesh, Turkmenistan, dan Bahrain. Ketiganya adalah lawan yang cukup berat bagi Malaysia.

Namun kehadiran Kim Pan-gon sebagai pelatih bisa memberikan warna dan kekuatan baru bagi Timnas Malaysia. Selain itu Malaysia juga diuntungkan dengan status mereka sebagai tuan rumah yang bisa jadi kunci untuk lolos ke putaran final.

4. Thailand

Thailand masuk ke dalam grup C bersama dengan Uzbekistan, Sri Lanka, dan Maladewa. Di grup ini Thailand menjadi tim yang paling diunggulkan.

Yang menjadi ancaman bagi Thailand adalah Uzbekistan yang memiliki status tuan rumah, namun setidaknya Thailand bisa lolos putaran final sebagai lima runner-up terbaik.

5. Indonesia

Indonesia masuk ke dalam grup A bersama dengan Kuwait, Nepal, dan Yordania. Indonesia di atas kertas seharusnya bisa menghadapai Nepal. Namun ketika menghadapi Kuwait dan Yordania, Indonesia harus berusaha lebih keras lagi.

Dengan datangnya dua pemain keturunan, yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat, diharapkan kekuatan Indonesia bisa mengatasi serangan dari dua negara tersebut.

Nah, itulah lima negara Asia Tenggara yang memiliki peluang untuk masuk putaran final Piala Asia 2023. Menurut kamu, apakah Indonesia bisa masuk ke putaran final Piala Asia 2023? Yuk, tulis harapanmu di komentar!

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.