Sahabat adalah orang ketiga dalam kehidupan manusia, selain orang tua dan saudara, sebab sahabat adalah orang yang sangat dekat dengan kita, layaknya seorang saudara atau bahkan lebih. Sahabat bisa diartikan sebagai orang yang bisa paling jujur di dunia, sebab sahabat bisa mengomentari segala hal tentang kita meski itu akan menyakitkan, tapi tetap ia katakan, demi kebaikan sahabatnya. Nah di dunia ini semua orang pasti punya yang namanya sahabat, apasih manfaat punya sahabat?

Simak baik-baik ya. Sahabat bisa menjadi sumber semangat di saat semua orang tak lagi menganggapmu berharga, sahabat akan selalu menemanimu. Bahkan jika kamu berada di titik paling rendah sekalipun, percayalah jika memang dia benar-benar sahabat yang baik maka dia tak akan pernah meninggalkanmu. Dia akan tetap mendukung apapun kondisimu, sahabat bisa menjadi pendengar yang baik, sahabat akan selalu mendengarkan apa saja ceritamu. Entah itu tentang kisah cinta yang menyedihkan, kekesalan hati akibat ditolak gebetan, atau apapun itu dia akan tetap mendengarkannya dengan sungguh.

Advertisement

Persahabatan selalu mengajarkan kita tentang pentingnya kejujuran Sahabat yang baik tidak akan pernah menyembunyikan apapun itu diantara satu sama lain. Dia akan selalu berkata jujur tentang apapun. Dia tak akan ragu mengatakan jika make up mu luntur, atau dandananmu terlalu menor, tujuannya bukan untuk menjatuhkanmu di depan umum tetapi agar kamu segera memperbaikinya supaya tidak terlihat buruk dihadapan banyak orang.

Sahabat juga tak pernah tertawa di saat kamu menangis ketika sedang dilanda masalah yang berat. Mereka juga sebenarnya merasakan hal yang sama terpukulnya ketika melihatmu terpuruk, hanya saja mereka berusaha terlihat biasa saja agar membuatmu semangat kembali. Dia orang pertama yang akan mengulurkan tangan ketima kamu butuh bantuan. Sahabat membuat kita menjadi diri sendiri Tak perlu saling jaim dengan sahabat.

Tak peduli apapun kekurangan di antara kita, jika memang benar-benar sahabat semuanya akan saling melengkapi tanpa ada yang harus ditutupi. Kita bisa tertawa lepas tanpa perlu dibuat-buat. Kita bisa menangis sekencang-kencangnya dihadapan sahabatmu ketika menceritakan apa yang dirasakan. Bahkan, tak segan untuk melakukan hal-hal jorok ketika sedang berkumpul.

Advertisement

Misalnya, kentut ataupun sendawa. Karena bersama mereka kita bisa menjadi diri kita sendiri tanpa perlu ada yang ditutupi, nah dari sekian banyak manfaat dan peran sahabat, mungkin hanya ini saja yang bisa saya tuliskan. Semoga bermanfaat~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya