Setiap orang, mempunyai anggapan masing-masing tentang arti dari kebahagiaan. Sebagian besar anggapan orang-orang tentang bahagia yaitu bahwa kebahagiaan akan didapat ketika kita harus bekerja keras dulu, lalu sukses, kemudian kita bahagia sehingga kita selalu merasa jika bahagia itu adalah tujuan akhir dan sulit untuk dicapai. Padahal anggapan tersebut salah, bahagia tidak serumit itu, bahagia itu sederhana.

Menurut Gilang Agustiar, contoh konsep tentang kebahagiaan itu seperti kita sedang bernyanyi. Bukan bernyanyinya itu sendiri yang membuat kita bahagia, melainkan pikiran yang bahagialah yang membuat kita bernyanyi. Got it? Nah sobat, yuk simak, 7 hal berikut dapat membuatmu sadar bahwa memang bahagia itu sederhana.

Advertisement


  • Tersenyumlah pada setiap hal yang didapatkan

Tersenyumlah atas semua hal yang kamu nikmati saat ini. Bersyukurlah kamu masih dapat menghirup udara segar dipagi hari secara cuma-cuma, melihat ciptaan Tuhan yang begitu indah, melihat senyummu misalnya, serta keluarga dan orang-orang tersayang yang masih kamu miliki.


  • Bermimpi sesuai dengan kemampuanmu

Advertisement

Sedari kecil kita sudah diajari untuk menggantungkan mimpi setinggi langit. Itu baik, karena ketika kita mempunyai mimpi yang ingin dicapai, mimpi itu dapat membangkitkan semangat dan motivasi hidupmu. Namun, bermimpilah secara rasional dan sesuai dengan kemampuanmu. Agar ketika terjatuh, kau masih terjatuh diantara gugusan awan dilangit sana.


  • Berkawan baik dengan orang-orang yang positif

Orang-orang positif dapat memandang hidup dengan cara yang optimis. Berdampingan dengan mereka akan memberikan perspektif bahwa selalu ada jalan untuk mencapai hal yang diinginkan dalam hidup. Keyakinan dan kepercayaan diri mereka akan tertular juga padamu.


  • Pribadi yang baik dan ringan membantu orang lain

Kebaikan tidak akan pernah menyakiti siapapun, ia justru memberi jalan untuk melipat gandakan keberkahanmu. Lakukan yang kamu mampu demi meringankan beban orang lain. Selain dapat membuat beban mereka sedikit terobati, hidupmu juga akan lebih bahagia dengan melihat senyuman tulus mereka yang telah dibantu olehmu. Percayalah, hal itu dapat lebih memaknai setiap jejak langkah hidupmu.


Kindness will bring you no harm.



  • Nikmati hidup dengan lebih bersyukur

Mungkin sekarang hidupmu serba pas-pasan atau saat ini kamu memiliki hidup yang amat kesulitan. Bersyukurlah, Tuhan menyayangimu. Ia masih ingin mendengar keluh kesah hamba-Nya, sesungguhnya dibalik kesulitanmu, Ia sedang merencanakan skenario terindah bagi hidupmu.


  • Tidak semua kebahagiaan dapat dihubungkan dengan uang

Jika uang dapat membuat orang bahagia, tentunya Adolf Merckle, salah satu pria terkaya di Jerman tidak akan mengakhiri hidupnya dengan menabrakkan diri ke kereta api. Bahagia itu tidak semuanya dapat dihubungkan dengan uang dan kekayaan. Bahagia itu timbul dari diri sendiri.


  • Jaga hubungan baik dengan orang tersayang

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa menghabiskan waktu bersama orang tersayang mampu membuat orang bahagia. Bersama keluarga, sahabat, teman, gebetan, mantan misalnya. Kebahagiaan yang dimiliki ketika berhubungan baik dengan orang tersayang tak bisa tergantikan oleh apapun.

Bahagia itu sederhana, jangan dipersulit oleh ocehan mereka diluar sana. Bahagia timbul dari diri sendiri dan masih bisa dipelajari. Jadi, apapun yang kita lakukan, jangan lupa bahagia!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya