Dunia ini memanglah semu. Dunia yang penuh sekali lika-liku kehidupan berjuta-juta umat manusia. Dan berbagai macam pula sifat beserta karakter mereka yang terkadang tidak bisa di padu-padan kan.

Saat kita masih kecil, masih digendong oleh orang tua, masih digenggam tangan kita saat berjalan, kadangkala ditemani saat tidur hingga terlelap. Di saat seperti itulah, kita merasa bahwa dunia beserta lingkungan saat itu sangatlah bersahabat.

Advertisement

Namun, saat menemui dunia yang begitu nyata. Dimana para sahabat terkadang dapat menjatuhkan sahabatnya sendiri. Bahkan sesama pegawai mampu mengusir rekannya dari perusahaan. Persaingan-persaingan itulah yang sudah sangat umum ditemukan di kehidupan kita.

Mungkin jika kita berbicara dunia akan sangat sulit sekali dibayangkan atau mungkin malah terlalu luas. Lalu, bagaimana jika dalam kehidupan pribadi? Saat harus menghadapi sifat teman yang selalu ingin menang sendiri? Atau saat kamu merasa bahwa kamu lah orang yang paling rendah dalam lingkungan kamu? Dan di sisi lain kamu mungkin tak ingin mengandalakan uluran tangan orang tua.


Satu hal sederhana yang perlu kamu ubah yaitu kamu harus dan selalu yakin terhadap diri kamu sendiri. Yakinlah pula bahwa orang yang berada di dalam kehidupan kamu, hanya kamulah sebagai peran utama. Bukan orang lain.


Advertisement

Mungkin dalam beberapa kesempatan, kamu merasa bahwa kamu lah makhluk yang sangat lemah dan tak tau apapun. Kamu merasa bahwa kamu tak mampu melakukan itu, sehingga kamu benar-benar tak bergerak dari posisi kamu yang sekarang. Tak baik kawan, itu tak baik. Sebaiknya perasaan dan pemikiran itu mulai kamu tinggalkan. Sebab, jika pemikiran itu tetap bersarang dalam otak kamu maka selamanya kamu akan tetap dalam zona mu saja sampai kamu menyesalinya.

Ingat kawan, dunia itu sangat luas. Banyak hal yang perlu kamu pelajari dan lakukan. Ingat kata pepatah "Banyak Jalan Menuju Roma". Dari situ seharusnya kamu bisa faham bahwa tidak ada yang tidak mungkin karena semua pasti memiliki jalur masing-masing.

Waktu dan kesempatan tidak bisa diubah bahkan diputar kembali. Mungkin sekarang kamu masih merasa bahwa kamu memang makhluk terendah. Tak apa, semua memang butuh proses. Setelah itu, jangalah kamu berdiam diri. Cobalah lakukan sesuatu hingga proses berjalan dan keinginan kamu dapat.

Bukan berarti kamu harus menakhlukkan dunia ya sobat. Cukup dengan buatlah diri kamu bangga dengan apa yang kamu lakukan, tak perlu kamu merasa rendah dihadapan orang lain. Karena sejatinya setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda. Kita tidak pernah tau, mungkin saja yang menjadi kekuatan kamu, tidak pernah dimiliki orang lain atau bahkan menjadi kelemahan mereka.

So, buat apa merasa rendah diri ? Tidak ada gunanya. Kamu boleh rendah hati tapi jangan rendah diri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya