Setiap orang pastinya pengen banget bisa punya rumah sendiri dengan menggunakan segenap tabungan yang ada. Tapi permasalahannya mau sampai kapan harus nabung untuk beli rumah? Sementara harga properti aja setiap tahunnya selalu naik. Aku rasa ini misi yang cukup sulit!

Mau Beli Rumah Dimana?

Advertisement

Aku rasa kalau ditanya ke semua orang mau beli rumah di daerah mana, pastinya rata-rata mereka bakalan menjawab "JAKARTA" kenapa harus di kota itu? Yup, karena Jakarta adalah pusat ekonomi di negeri ini. Mungkin hanya segelintir orang aja yang ingin beli rumah di luar ibu kota. Mungkin mereka itu adalah yang bekerja di luar Jakarta.

Sekarang yang jadi pertanyannya, mungkin nggak sih, anak muda yang berusia 25 tahun sampai 30 tahun mampu beli rumah di Jakarta? Kalian pasti sudah tahu sendiri lah, harga rumah di ibu kota udah TINGGI BANGET alias MAHAL BINGIT!

Kalau kita lihat di berbagai macam iklan properti rumah di Jakarta, harganya itu sudah tidak ada lagi yang di bawah 1 MILIAR! Terus, kita mau nabung berapa abad bisa kekumpul sebanyak itu, boro-boro kekumpul untuk down payment (DP) aja sulit kayanya, hiks!

Advertisement

Rumah itu memang sangat penting untuk kita semua, tapi apa daya sebaiknya anak muda zaman now, tidak usah dipaksakan harus, kudu dan wajib beli rumah di Jakarta. Harga properti di ibu kota memang udah tidak bersahabat untuk kita-kita yang hanya mengandalkan pemasukan tabungan dari uang gaji aja.

Jadi begini, menurut opini aku sih, mungkin ada baiknya beli rumah ke pinggiran Jakarta, seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Aku rasa di daerah tersebut harga rumah masih sedikit bersahabat sama kantong anak muda zaman now.

Bukan bermaksud untuk memberikan pandangan pesimis, tapi itulah kenyataannya. Anak muda yang hanya mengandalkan UMR kalau di hitung-hitung secara matematika (Asik, sotoynya keluar) ya, nggak bakalan cukup!


Berfikir simpel untuk kemajuan taraf hidup kadang dibenarkan


Anak Muda Harus Berani Beli Rumah KPR

Beli rumah memang nggak murah bro, tapi sebagai anak muda yang memiliki rasa tanggung jawab untuk masa depannya, harus bisa dan berani beli rumah dengan cara KPR. Tidak ada jalan lain selain menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang udah disediain sama pemerintah melalui bank.


Pengajuan KPR memang ribet, tapi ya itulah hidup, kalau nggak ribet diawal nggak bakalan ada rasa nikmat diakhirnya.


Laki-laki sejati itu pantang ngarepin warisan rumah dari orang tua, tapi kalau dapet ya nggak papa juga si, heheheā€¦. Intinya setiap anak muda harus sudah berfikir untuk beli rumah. Pendapat aku si, sebaiknya anak muda itu bisa punya target pada usia tertentu harus bisa kebeli rumah. So, mulailah dari sekarang untuk menabung dan teruslah bermimpi memiliki rumah idaman yang nyaman untuk tempat tinggal bersama istri dan anak tercinta.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya