Delapan alasan kenapa kuliah tidak penting, setidaknya itu yang bisa penulis baca dari salah satu video di Youtube yang tak lama setelah kemunculannya menjadi trending. Sekolah dan kuliah tidak menjamin kamu sukses. Mungkin mereka mengatakan itu setelah mereka lihat banyak orang sukses yang dulunya nggak sekolah. Tapi, apakah mereka yang mengatakan kalau sekolah dan kuliah tidak penting mau menjamin kalau orang yang menuruti perkataan mereka bisa sukses ?

Menurut sumber yang penulis baca, berdasarkan data UNICEF tahun 2016 sebanyak 2,5 juta anak Indonesia tidak dapat menikmati pendidikan lanjutan yakni sebanyak 600 ribu anak usia sekolah dasar (SD) dan 1,9 juta anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Advertisement

Mari kita ubah mindset kita tentang sekolah. Tuhan memberikan kita kesempatan sekolah untuk apa? Ya untuk menyelamatkan 2,5 juta anak yang tidak punya kesempatan sekolah tadi. Sekarang penulis kembali bertanya, apakah 2,5 juta anak tersebut bisa sukses? Mungkin ada. Tapi apakah semua? Ini hanya bisa dijawab oleh mereka yang mengatakan bahwa sekolah tidak penting.

Kalau menurut penulis, bukan sekolah atau tidak sekolah yang bisa menentukan kesuksesan. Tapi tekun atau tidaknya seseorang dalam meraih kesuksesan. Kita hidup di zaman yang serba canggih dan kita bisa belajar di mana saja. Tapi bagi mereka yang malas, tidak akan ada jaminan kesuksesan meskipun mereka sekolah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya