Mungkin saat ini menjadi penulis bukan hal biasa yang saat ini di dengar, bayangkan karena setiap harinya minat baca di dunia sangat meningkat dan justru para penulis lebih bersemangat lagi untuk menulis sesuatu yang baru. Banyak penulis yang menulis artikel tentang kehidupannya, kisah cintanya, bahkan kisah hidup orang lain, namun masih banyak yang artikelnya ditolak. Bukan karena dia tidak bisa menulis dengan baik, hanya saja dia tidak bisa menuliskan dengan sempurna agar bisa dinikmati semua orang .


Saat ini para penulis lebih mengejar buat menulis di sosial media, contohnya Hipwee.. Siapa yang tidak mengenal hipwee, salah satu komunitas bagi para writer untuk mengejar mimpi-mimpi mereka menjadi penulis terkenal bahkan ingin bisa membuat sebuah novel .


Advertisement

Jadi ini ada beberapa tips dari saya bagi kamu penulis pemula, mari disimak yuk :


  1. Tentukan dulu jenis tema apa yang ingin anda pilih, misal tentang cinta, persahabatan, keluarga ataupun trend masa kini . Karena menentukan jenis tema pertama sekali itu hal penting agar seterusnya anda bisa mengembangkan tulisan anda.

  2. Harus ada waktu, yang pasti anda bukan orang yang sangat sibuk.

  3. Menjadi penulis bukanlah hal yang mudah, mungkin anda bisa mencari topik tentang hal viral di sosial media dan berikan judul yang menarik. Dijamin deh artikel kamu bakal diterima dengan sangat baik, tapi jangan sampai tulisan yang kamu buat menyakiti hati orang ya!

  4. Perbanyak membaca apapun tulisan dari manapun itu, sharing ke pikiran anda, tangkap ide yang ada disekitar anda, apa mungkin kegiatan orang lain yang sangat menarik untuk anda tulis.

  5. Hilangkan semua gangguan, misalkan anda jangan menulis sambil makan snack, atau sedang chatting-an, atau mungkin anda sedang menonton TV. Karena jika anda sedang menulis ide yang ada dipikiran anda sekarang, pastikan anda sedang fokus dalam merangkai kata-kata. Menjadi seorang penulis butuh waktu yang tenang agar tulisan yang dibuat sedemikian rupa dapat dimaknai oleh orang yang membacanya.

  6. Jangan seringkali menggunakan kata-kata yang sama berulangkali, itu akan membuat para pembaca akan bosan dan tidak akan membaca tulisan anda sampai akhir.

  7. Jika tulisan anda telah selesai, biasakan dulu mengedit jangan asal mengirim, hal itu yang seringkali membuat para penulis resah. Kenapa tulisan saya ditolak, kenapa, kenapa, dan kenapa? Itu sering kali dikeluhkan oleh penulis. Bagaimaina tidak, dia selesai menulis langsung mengirimnya tanpa dibaca dulu baik-baik dan sebaiknya diedit dulu jikalau ada kata yang salah agar hasilnya lebih baik.

  8. Tunjukkan karya tulisan anda kepada teman, keluarga, pacar, atau siapapun agar kamu bisa mendapat kritikan dari mereka, karena kritikan justru menjadi PR buat kita, dan itu akan membuat anda lebih semangat lagi dan bisa menghasilkan karya yang lebih bagus.

  9. Perhatikan paragraph pembuka anda. Karena bagian terpenting dari tulisan adalah kalimat awal. Jika tidak tampak menarik, orang tidak akan membacanya. Berikan kata-kata yang menarik, buatlah para pembaca penasaran dengan isi tulisan yang anda buat.


Jangan putus asa jika berkali-kali tulisan anda ditolak, mungkin saja anda belum mencoba tips diatas yang telah saya berikan. So, coba dulu, semoga berhasil dan itu bisa membuat kamu tidur nyenyak malam ini :)


Advertisement

Menjadi penulis hebat tidak butuh pengakuan orang lain. Kenapa? Karena menjadi penulis hebat itu betul-betul menyukai tulisan yang dia buat. Banyak berkorban menguras pikiran agar kata-kata yang disusun sedemikian rupa menarik dan mereka bahagia untuk menuliskannya. Menjadi penulis hebat adalah mereka yang terus berjuang untuk membuat tulisan baru dan terus berkarya dan tidak cepat berpuas diri.

Dan yang paling terpenting jangan sombong, karena tanpa viewers dari mereka, tulisan kamu tidak ada artinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya