Mungkin kamu pernah mengalami hal yang cukup berat dalam kehidupan kamu. Sesuatu yang tidak bisa kamu ceritakan pada orang lain, membuatmu sangat kecewa, sedih, dan atau jika mengingatnya.

Pada hakekatnya apapun yang terjadi dalam hidup kita pasti akan ada hikmahnya. Mungkin hal ini terdengar sangat klise, gampang untuk diucapkan tapi sangat susah untuk diterima. Apalagi saat kamu tengah emosi, kadang timbul pertanyaan kenapa hal itu harus terjadi di kehidupan kamu. Tidak merasa bahagia sampai-sampai menganggap Tuhan tidak berlaku adil padamu. Kalau kamu pernah mengalaminya, itu merupakan hal yang wajar.

Advertisement

Terkadang kamu membutuhkan orang lain untuk membantu move on dari masalahmu. Tapi gimana kalau orang-orang terdekatmu sedang tidak bersamamu? Atau hal itu gak bisa kamu ceritain ke siapapun?

Dibutuhkan cara manjur yang harus kamu lakuin setiap kamu mempunyai masalah. Sebuah cara yang hanya perlu kamu tanamkan di hati dan pikiran kamu. Apa itu? Ingatlah bahwa kamu harus bersyukur dan ikhlas, apapun kondisi kamu. Mengapa demikian?

Bersyukur

Advertisement

Banyak sekali hal yang semestinya disyukuri dalam kehidupan kita. Mulai dari hal kecil, beruntunglah kita diciptakan sebagai manusia. Gimana jadinya kalau kita diciptakan sebagai makhluk lain? Beruntunglah kita masih dapat bernapas hingga detik ini. Atau lihatlah tubuh kita, bahwa semua indera kita berfungsi sebagaimana mestinya, mampu melakukan banyak aktifitas. Satu lagi hal yang harus sangat disyukuri, kesehatan. Saat kita sakit, kita gak akan merasa nyaman untuk melakukan aktifitas apapun.

Lalu gimana saat kamu memiliki sebuah masalah, yang sangat berat atau membuat kamu terpuruk? Ingatlah bahwa kita masih sangat beruntung dari orang lain. Masih banyak diluar sana orang-orang dengan berbagai kekurangan yang mereka miliki. Orang yang kekurangan dalam hal materi, yang bahkan tidak tau besok bisa makan atau tidak. Atau orang yang memiliki penyakit tertentu, yang bahkan belum ditemukan obatnya sampai hari ini. Mereka saja yang memiliki keterbatasan fisik masih dapat melakukan aktifitas seperti orang biasa. Merasa kecewa, sedih, atau marah adalah hal yang sangat wajar, namun tidak semestinya sampai berlarut. Pasti ada jalan untuk setiap masalah. Mensyukuri segala hal dalam hidup kamu akan membuat kamu lebih berpikir jernih dalam menghadapi sebuah masalah, dan segera kembali bangkit dari keterpurukan.

Ikhlas

Segala peristiwa dalam kehidupan kamu sebenarnya membangun karakter yang kamu miliki sekarang. Jika kamu ikhlas dengan masalah-masalah yang menimpa, kamu akan mendapati diri kamu yang kokoh, tangguh dalam menghadapi segala hal dalam kehidupan. Sebaliknya, saat kamu selalu bertanya-tanya mengapa begini mengapa begitu tanpa kamu berpikir jernih maka akan selalu seperti itu. Yang ada kamu akan sulit menemukan hikmah dibalik masalah yang kamu alami. Semakin kamu ikhlas pada banyak hal, semakin kamu tangguh dalam menjalani kehidupan.

Bersyukur dan ikhlas adalah hal yang memang tidak mudah untuk dilakukan. Perlu proses yang cukup panjang untuk dapat menyadarkan diri sendiri bahwa kedua hal itu memang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Ada triks simpel namun cukup efektif yang membantu kamu dalam mengingatnya, tulis kedua kata tersebut dengan ukuran besar dan tempel pada tempat-tempat yang mudah kamu lihat.

Setelah itu, jabarkan kedua kata tadi pada buku catatan atau dalam komputer. Jadi saat melihat kata bersyukur dan ikhlas yang kamu tempelkan, buka kembali catatan kamu dan renungkan apa yang semestinya kamu lakukan untuk dapat bangkit dari permasalahan itu. Berbagai permasalahan dapat menimpa diri kamu baik itu berat maupun ringan, namun adakalanya kamu harus move on, melanjutkan hidup, serta dapat mengambil hikmah dari semua permasalahan tadi untuk menjadikan hidup lebih baik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya