Kelahiran anak pertama oleh setiap pasangan, pasti sudah jadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga, apalagi cucu pertama buat orang tua pasangan dijamin pasti heboh deh. Mulai dari persiapan kelahiran, belanja perlengkapan bayi dan segala macam pernak-perniknya pasti sudah berburu jauh-jauh hari. Yang tidak kalah heboh juga adalah para om dan tante yang sudah menyiapkan berbagai kado buat si dede bayi, uhhh senangnya….

Setelah kepulangan sang ibu baru dan dede bayi baru ke rumah, akan dimulai deh babak baru kehidupan bunda baru dan ayaha baru di rumah. Mulai dari belajar laktasi, breastcare, menjemur bayi pagi hari dan begadang malam harinya karena biasanya bayi baru lahir akan terbangun setiap dua jam sekali untuk minum asi dan buang air. Rata-rata bayi baru lahir akan buang air besar sebanyak 5-10 kali sehari, belum pipisnya yang juga belum teratur. Nah mulai dah menumpuknya pakaian kotor si dede bayi, mulai dari pipis sampai BAB selalu bergantian terus.

Advertisement

Bagi sang ibu yang masih memulihkan kondisi pasca melahirkan, mencuci pakaian terasa sangat memberatkan. Apalagi harus jongkok-jongkok yang lama, kasihan juga ya… Saran saya nih, jangan malas membantu istri mencuci pakaian bayi pada malam hari sepulang kerja tentunya karena feses atau kotoran bayi baru lahir bisa jadi noda membandel dan sulit di hilangkan. Nih saya kasih tips buat menghilangkan noda kotoran bayi yang menempel pada popok kain.

Pertama-tama, pisahkan pakaian yang terkena kotoran bayi dengan yang tidak terkena kotoran bayi. Kemudian bersihkan semua kotoran yang menempel pada popok bayi dengan disiram air dingin supaya tidak amis dan mencemari pakaian yang lainnya saat direndam, jika sudah tidak ada kotoran yang menempel, oleskan sabun cuci batangan atau sabun mandi batangan di popok bayi yang bernoda kuning itu, kemudian kucek perlahan, masukan kedalam mesin cuci dan cuci seperti biasa.

Dengan begitu suami dapat meringankan beban istri yang seharian cukup lelah mengurus bayi. Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya