Wisata Taman Bambu Air Jogja

Salah satu hal yang paling wajib dilakukan kalau berkunjung ke suatu tempat itu ya pasti berfoto. Apalagi kalau tempat yang Anda kunjungi itu bagus pemandangannya dan Anda ke sana bersama dengan orang tercinta. Salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan kalau Anda berkenjung ke Jogja adalah Waduk Sermo, Kulonprogo. Itu lho latar belakang foto yang ada di Kalibiru. Sekarang di sana ada fasilitas baru yang bikin Anda bakalan ketagihan selfie. Namanya adalah Taman Bambu di Atas Air. Lokasinya tepat di tengah waduk, satu-satunya akses buat ke sini hanya meggunakan perahu. Tidak perlu risau, karena akan ada yang mendayung perahu dan memotret Anda. Seperti layaknya taman di tengah kota, di sini juga ada tempat duduk dan dekorasi bunga.

Advertisement

Wahana Taman Bambu di Atas Air ini dikembangkan oleh Karang Taruna Tegalrejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mereka mengembangkan wahana ini di kawasan Waduk Sermo untuk mendongkrak kunjungan wisawatan. Wahana Taman Bambu di Atas Air ini dibuat dari sejumlah drum plastik yang disusun, maka jadilah taman bambu yang mengapung di atas air. Menariknya, taman yang sekilas nampak seperti panggung bambu mengapung ini juga dilengkapi dengan sejumlah properti pendukung untuk melakukan selfie. Ada sebuh bangku, meja, pepohonan, sepeda ontel lengkap dengan papan nama objek wisata ini yang tersedia di lokasi. Disini Anda akan disuguhi dengan lokasi selfie yang sangat indah dan instagramable. Apalagi hamparan waduk yang luas dengan airnya yang biru, kontras dengan langit yang juga sedang cerah saat cuaca terang.

Untuk menuju taman bambu ini, Anda cukup membayar Rp 5.000 dan akan diantar menggunakan perahu ke tengah waduk. Mengantisipasi panas matahari yang menyengat, disediakan pula caping serta payung. Anda diberi waktu sekitar 10 menit untuk berfoto selfie. Karena belum menyediakan fotografer khusus, pengelola wahana ini bersedia untuk membantu mengabadikan momen tersebut secara gratis. Untuk bisa sampai di lokasi ini, Anda bisa menyusuri jalan lingkar yang ada di waduk Sermo. Begitu sampai di Nggudang, Anda akan melihat panorama alamnya yang indah.

Berada di area dermaga II waduk Sermo tepatnya di dusun Sermo Tengah, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY, untuk waktu buka anda bisa mengunjunginya setiap saat pukul 06.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Advertisement

Jurang Tembelan Kanigoro Mangunan

Jurang Tembelan boleh dibilang merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Wisatawan biasanya datang untuk selfie dan memotret sunrise atau matahari terbit.

Meskipun tergolong wisata baru, Jurang Tembelan punya potensi wisata yang menjanjikan. Buktinya hampir setiap akhir pekan, tempat wisata baru di Mangunan ini selalu ramai dipadati pasangan muda mudi yang datang ingin selfie.

Wisata baru Jurang Tembelan ini kini mulai banyak lalu lalang di lini masa Instagram. Waktu paling tepat untuk mengunjungi Jurang Tembelan adalah pada pagi hari sebelum matahari terbit. Saat siang hari biasanya sudah semakin banyak wisatawan yang datang dan untuk selfie pun harus bergantian.

Jurang Tembelan kini menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sedang populer. Jika kamu tahu lokasi Taman Buah Mangunan, lokasi Jurang Tembelan tidak jauh dari gardu pandang Mangunan.

Lokasi Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sektiar 1,5 jam.

Tempat wisata Jurang Tembelan sudah memiliki dengan warung kopi, jadi kamu bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu sunrise.

Namun memang agaknya cukup sulit untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan. Karena biasanya kabut dan awan selalu turun terutama saat musim hujan. Waktu terbaik untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan tentu saja saat musim kemarau.

Meskipun hingga saat ini belum dikenai harga tiket masuk, namun kamu tetap harus membayar ongkos parkir untuk kendaraan kamu.

Jurang Tembelan baru saja di bukan sebagai tempat wisata baru di sekitar Yogyakarta pada bulan Agustus 2016.

Fasilitas Wisata Jurang Tembelan

· Dua Gardu Pandang

· Gazebo

· Warung

· Tempat Parkir

Alasan mengapa Jurang Tembelan lebih menarik wisatawan dibandingkan Bukit Punguk dan Bukit Mojo karena keberadaan Gardu Pandang yang instagrammable.

Tak perlu heran jika kini tren spot selfi dan spot instagram memang menjadi daya tarik muda mudi yang melek digital. Mereka biasanya akan dengan bangga memamerkan destinasi wisata terbaik lewat akun instagrammnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya