Perjuangan memperebutkan kursi perguruan tinggi memang bukanlah perkara yang mudah.

Berbagai kompetitor dari penjuru daerah siap bertanding melalui jalur-jalur yang tersedia. Mulai dari jalur undangan (SNMPTN), jalur tes (SBMPTN), dan jalur mandiri. Sampai sekarang, telah dua jalur yang terlaksana yaitu jalur SNMPTN dan SBMPTN. Dan untuk perguruan tinggi seperti UI, UGM, IPB, dan beberapa lainnya juga telah menyelenggarakan jalur mandiri. Beruntunglah yang telah lolos melalui jalur-jalur tersebut tidak perlu pusing-pusing lagi berkutat pada tes seleksi.

Namun kepada sebagian siswa yang belum lolos, mereka masih harus berjuang mendaftar satu persatu perguruan tinggi yang membuka jalur mandiri. Percayalah kawanku, perjuangan kalian untuk mendapatkan sekolah pasti mendapatkan hasil. Walaupun harus berkali-kali mengecek jadwal tes, pergi keluar kota, menghadapi tes, dan berbagai jerih payah lainnya, aku yakin Tuhan sedang melihat usaha kalian. Tetaplah berusaha hingga kalian bisa mendapatkan tempat menuntut ilmu terbaik.

Sudah, janganlah bersedih akan kegagalan kalian di jalur-jalur sebelumnya. Kegagalan-kegagalan kalian itu bisa jadi sebuah kehendak Tuhan supaya kalian belajar di tempat yang lebih baik. Jadikanlah itu sebuah cambuk untukmu supaya lebih baik dalam memasuki jalur selanjutnya. Lebihkan usaha kalian, perbanyak waktu belajar kalian, perbanyak latian soal, dan pastinya perbanyak doa kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

Jangan melakukan sistem belajar yang sama di jalur-jalur sebelumnya, karena kamu sudah tahu sistem tersebut ternyata membuatmu gagal. Harus ada yang lebih baik dalam sistem belajarmu supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Jangan melakukan cara belajar yang sama. Tingkatkan!

Advertisement

Percayalah kawanku, setiap usaha tidak akan pernah mengkhianati hasilnya. Jangan menyerah walaupun terus digempur berbagai penolakan dari perguruan tinggi. Masih ada kesempatan yang diberikan untukmu, ambillah itu secepatnya. Disaat kamu harus berjuang mati-matian, sebenarnya sebuah harapan muncul secara tersembunyi. Sekarang tinggal dirimu, apakah itu akan kau ambil atau malah kau lepas untuk orang lain?

Berjanjilah untuk selalu menjadi lebih baik dari berbagai penolakan tersebut, berjanjilah bahwa kau akan menepatinya dengan bukti yang jelas. Buktikan kepada orang tuamu bahwa kalian bisa masih bisa berhasil di penghujung waktu ini. Masih ada secercah harapan dari berbagai universitas untuk kamu jejaki.

Gunakan itu sebaik-baiknya!