Suntuk, jenuh, badmood dan beragam jenis sebutannnya seringkali mampir dan berlama-lama disela aktivitas rutin kita. Mood buruk seketika gara-gara jadwal kuliah yang tiba-tiba kosong semaunya. Tugas yang makin hari makin menumpuk belum satpun selesai dikerjakan. Ditambah kesibukan harian yang menuntut untuk segera dipertanggungjawabkan pada atasan. Alhasil, jenuhlah yang bersedia datang dan menyapa dengan senyum manisnya.

Ritme hidup memang tak melulu menyenangkan. Darisinilah diperlukan cara agar suntuk dan kemalasan bisa kita buang jauh kala ia berusaha membuat semangat kita runtuh. Yuk halau jauh-jauh. Ini nih lima tips yang bisa kita terapin agar virus perusak semangat segera beranjak dan enggan kembali.

1. Sesekali Ngobrol Dengan Teman

Buat kamu yang selalu hanya melakukan kegiatan kuliah, pulang, buka laptop, mengerjakan tugas, tidur, makan, mandi, berangkat kuliah lagi, sesekali keluar lah bersama teman teman mu sekedar untuk mengobrol, melepas penat dalam perkuliahan, saling sharing tentang kehidupan masing – masing tentunya yang memang patut disharing ya.

Pergi bersama teman dan mengobrol bukan maksud untuk membuang waktumu dengan sia sia. Jika terlalu sering mungkin jawabannya iya. Untuk menghindari obrolan yang “sia-sia” buat lah pembicaraan yang bermanfaat.

Perlu diketahui, manusia itu adalah makhluk sosial. Mau bagaimanapun kamu tidak dapat hidup sendiri, kamu butuh pertolongan orang dan orang membutuhkan pertolongan kamu. Salah satunya ya ini, mengobrol bersama teman. Dengan kamu ngobrol ketawa bareng bersama temanmu secara tidak langsung bisa merefresh otakmu yang sudah jenuh dengan rutinitasmu sehari hari.

2. Olahraga Secara Teratur

Advertisement

Tidak pernah olahraga bisa menyebabkan badanmu lemas dan malas untuk ngapa ngapain alias bosan. Untuk gerak saja males, paling banter ya tiduran di kosan sambil maenan HP. Produktif ngga menurutmu? Jikalau kegiatan tersebut diubah ke kegiatan yang lebih bermanfaat mungkin hidupmu jauh lebih berwarna.

Kamu yang jarang olahraga sebaiknya mulai dari sekarang melakukan aktivitas olahraga. Sekedar lari di pagi hari mengitari kampus maupun di sore hari bisa lah ya. Kegiatan olahraga ini cobalah untuk dirutinkan, seminggu sekali atau seminggu 3 kali itu juga sudah cukup.

Olahraga dapat melancarkan peredaran darahmu sehingga membuat otakmu fresh untuk melakukan kegiatan lain dan tidak lesu.

3. Travelling

Buat kamu yang bosan akut, sebaiknya kamu istirahat sejenak dengan berlibur ke suatu tempat atau istiliah kerennya travelling. Travelling ke tempat tempat yang kamu senangi seperti gunung, pantai, atau tempat bersejarah bisa memunculkan ide ide yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Ide ide yang dapat mengubah polamu kegiatanmu menjadi lebih menarik. Sangat disarankan untuk tidak mengunjungi tempat keramaian seperti mall, tempat nongkrong. Cobalah sesekali melihat alam sekitarmu yang begitu indah.

4. Kuliner

Bagi kamu yang doyan makan, cobalah kuliner ke tempat tempat yang memang belum pernah kamu kunjungi. Hal ini untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa bosan yang sedang kamu alami. Penat, capek, males, dan bosan akan hilang ketika kamu menemukan sesuatu yang baru dan menarik. Jika kamu suka kuliner soto, carilah tempat makan soto yang belum pernah kamu kunjungi.

Tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner yang baru, selain menambah wawasan dan pengalaman bisa jadi menambah daftar referensi kuliner kamu.

5. Menyendiri sejenak

Menyendiri terkadang memang perlu. Mengapa? Karena akan membuatmu sejenak berpikir mengapa kamu bisa bosan, apa yang harus kamu lakukan, apa yang salah dari rutinitasmu. Hal ini bisa jadi sekaligus instropeksi terhadap dirimu sendiri. Menyendiri bukan berarti untuk melamunkan sesuatu, tetapi kamu memang butuh waktu untuk sendiri. Sendiri untuk merecharge energy kamu. Memikirkan kembali betapa beruntungnya kita masih diberi kesibukan oleh Tuhan dibandingkan mereka yang bingung masih mencari kegiatan atau sebut saja pengangguran. Setiap detail jenuh coba kita hitung lagi betapa banyak nikmat Tuhan yang disisipkan didalamnya, penghargaan kita terhadap waktu untuk kegiatan yang bermanfaat dengan melihat betapa orang yang kita sayang selalu tersenyum memberi semangat meski hanya lewat doa. Ingat orangtua yang berjuang mati-matian untuk kita. Semoga semua itu menjadikan motivasi untuk senantiasa bersyukur dan menghargai hidup ini. Nikmati peluhnya, rangkul lelahnya. Karena setelah kerja keras tanpa henti takkan ada hasil yang mengkhianati.

Jangan pernah sesekali menganggap hidupmu itu bosan. Perlu diketahui bahwa yang membuat hidupmu ini tidak pernah bosan mendengar keluh kesahmu, rasa sedihmu, maupun segala curhatanmu. Allah pasti memberikan yang terbaik untuk hambaNya dalam mengatasi rasa bosan.

Semangat selalu, hadapi hari dengan senyuman. semoga dilancarkan dalam mencapai kebahagiaan sesuai harapan.