Semua orang tentunya ingin mempunyai bentuk tubuh yang lebih menarik. Masing-masing mempunyai alasan tersendiri. Bisa karier, kesehatan, maupun kenyamanan. Untuk merubah bentuk tubuh, kita harus ubah pola makan tentunya. Namun, hal yang perlu kita ubah pertama-tama ialah bukan pola makan, tetapi pola pikiran. Pikiran kita harus benar-benar diatur ulang tentang apa itu makanan dan memakan.

Pernah dengar tidak bahwa kebutuhan kalori per hari kita sekitar 2000 sampai 2200 kalori? Nah, singkat cerita, ada baiknya atur pola makan (diet) kamu sehingga memotong asupan kalori sekitar 50% nya. Sebenarnya semua tergantung intensitas aktivitasmu. Jika tidak terlalu mobile, asupan 1000 kalori saja sudah cukup.

Advertisement

Berbicara mengenai pola pikiran, coba kamu pilih satu dari dua pernyataan berikut : (1) hidup untuk makan atau (2) makan untuk hidup?

Kalau kamu pilih (1), itu sebenarnya milik hewan, yang mana hidup di dunia ini hanya untuk makan, tidak ada mempertimbangkan bakal digunakan untuk apa makanan yang akan mereka makan. Pilihan (2) sepatutnya yang kita pilih. Kita memakan sesuatu untuk menunjang kehidupan. Sebaiknya, kita tidak mengikuti hawa nafsu untuk memakan apa saja hanya untuk memberikan kenikmatan lidah semata. Makanan enak itu hanya sampai di lidah saja. Setelah ditelan, semuanya akan menjadi darah daging, sebagian menjadi kotoran di pagi hari.

APA YANG SEBAIKNYA KITA MAKAN?

Advertisement

Pertama, kamu harus ingat, sebenarnya tidak ada yang namanya breakfast, lunch, maupun dinner. Itu hanya berlaku buat orang-orang yang susah mencari waktu luang untuk makan ketika sibuk dengan kerja maupun kegiatan rutinitas lainnya. Jadi, makanlah kapan saja kamu mau. Yang perlu kamu pertimbangkan ialah apa yang kamu makan.

Namun, karena banyak dari kita ialah pekerja yang tidak bisa kapan saja makan, berikut pola makan ala timetable yang bisa teman-teman ikuti dan sangat gampang.

Breakfast

6 WIB sampai 8 WIB

Untuk sarapan, kamu boleh makan dua buah apel berukuran sedang. Bisa apel merah, hijau, maupun pink. Dicampur juga enak. Kemudian tambahkan sekitar 10-15 butir anggur hijau ataupun ungu. Anggur hijau biasanya berbentuk oval memanjang sedangkan yang ungu berbentuk bulat. Bisa pula tambahkan jambu air dua biji, kalau ada. Semua potong-potong sesuai selera. Setelah dipotong-potong, buah-buahan itu akan memenuhi mangkuk seukuran mangkuk ayam jago (mangkuk yang sering digunakan untuk makan bakso). Makanlah dengan tenang. Sebenarnya, makan apa saja boleh asalkan buah-buahan atau sayuran mentah. Mix and match-kan sesuai lidahmu. INGAT! MAKANLAH SAMPAI KENYANG!

Brunch/snacking

10 WIB-11.30 WIB

Sekali lagi, boleh "makan apa saja". Mungkin bisa dengan pisang dua buah, atau yoghurt zero fat, atau dada ayam. Ingat, untuk snack ini kalori intake jangan lebih dari 80 kalori. Sebaiknya makan yang sehat-sehat saja. Untuk dada ayam ini, proseslah dengan cara yang sehat. Dibakar ataupun direbus. Jangan makan kulitnya!

Lunch

12 WIB-13.30 WIB

Ini kamu boleh makan apa saja, jika kebiasaan lama susah dihilangkan, seperti memakan nasi. Ingat, jangan terlalu banyak karbohidrat dari nasi putih, tidak baik untuk badan. Untuk perbandingan: Pernah makan di warung ayam penyet? Lebih gampangnya, nasinya lebih besar SEDIKIT dari mouse laptop kamu. Mungkin sekitar dua sampai tiga sendok nasi. Lauknya? Ayam, diapain aja boleh. Sayuran juga. Pastikan kamu konsumsi karbohidrat yang cukup, serat dan vitamin, protein, dan lemak.

Sayuran yang baik bisa dari bayam, brokoli dan sayuran hijau lainnya. Sayurannya usahakan jangan yang terlalu banyak minyak. Kalau memang ditumis, cobalah untuk memindahkan sayurannya saja dari wajan ke piring. Kuahnya sebaiknya dikurangi karena banyak minyak. Untuk ikan maupun ayam, digoreng atau digulai juga boleh. Pastikan tidak memakan kulit ayam dan santan-santanan harus dimakan secukupnya, hanya untuk membasahi nasi saja, untuk memudahkan pengunyahan atau menambah sedikit rasa di nasi.

Kalau mau makan telur, minimalkan memakan kuningnya (egg yolk). Misal, dari tiga butir telur, makan kuningnya 1 saja. Jadi kalau sehari 1 butir telur dimulai pada hari senin, maka hari rabu boleh makan kuning telur pula. Kuning telur banyak mengandung kolestrol dan lemak. Sebaiknya dikurangi, bukan dihindari.

Snack sore

16.00 WIB – 17.30 WIB

Sama seperti brunch.

Dinner

18-30-19.30

Untuk dinner, pola makannya sama dengan breakfast. Namun, karena hari gelap berlangsung selama kurang lebih 11 jam (18.30-5.30), selain menu dinner, kalian boleh ngemil di tengah malam. Ngemilnya boleh apel, anggur, kacang-kacangan sekitar 5-10 butir, atau salad sayur (spring roll salad). Hindari makan terlalu berat untuk snack malam seperti dada ayam, telur, dan protein lainnya. Buah-buahan sudah cukup.

Biasanya, dengan mengikuti cara makan di atas, kamu tidak akan merasa kelaparan yang begitu hebat meski kamu masih pemula. Bahkan kamu bisa merasa kenyang lebih lama. So, makanlah kapan saja. Yang perlu diatur ialah apa yang kalian makan. JUGA, MINUM BANYAK AIR PUTIH!

Jangan lupa, praise your God on every chewing. Bersyukur kepada Tuhan di setiap kunyahanmu. Nikmati. InsyaAllah Tuhan tambahkan rezeki.

VERSI LEBIH LENGKAP (foto before-after dan tabel makan) ADA DI BLOG PENULIS. KLIK DI SINI.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya