Perlahan tapi pasti semua itu akan tergusur karena adanya kemajuan dibidang teknologi. Kepraktisan menjadi salah satu alasan mengapa tenaga manusia perlahan tak lagi dibutuhkan. Alih-alih ingin membuat semuanya menjadi lebih mudah, padahal ternyata semua itu adalah bentuk keniscayaan yang memang harus dilakukan.

Era digital bukanlah hal baru lagi untuk sekarang. Apalagi bagi mereka­, para generasi millenial. Hidup di tengah-tengah perkembangan teknologi merupakan suatu keberuntungan tersendiri. Kita tak perlu lagi harus capek-capek datang ke bank hanya untuk menyerahkan slip bukti transfer kesana. Atau kita tak perlu lagi berlelah-lelah ria untuk mengantre di toko hanya untuk memilih dan atau membeli produk fashion atau kosmetik yang diinginkan. Karena semua itu kini dapat dilakukan hanya dalam satu genggaman. Sungguh sangat mudah dan praktis, bukan?

Advertisement

Begitulah era digital. Bahkan bisa jadi dibeberapa tahun ke depan, tempat-tempat vital sudah tidak membutuhkan tenaga manusia lagi. Kalau pun masih membutuhkan, itu mungkin hanya beberapa. Selebihnya kecanggihan teknologi lah yang akan mengambil alih pekerjaan tersebut.

Memang ada keuntungan tersendiri ketika kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Mengingat masyarakat zaman now sudah banyak yang melek teknologi, maka tidak akan sulit bagi mereka untuk mengakses berbagai layanan melalui jarak jauh. Dengan adanya kemajuan teknologi diberbagai bidang, segala sesuatunya akan terasa lebih mudah. Apalagi jika didukung dengan jaringan yang kuat dan sudah tersebar diberbagai wilayah. Tentu ini akan semakin memudahkan kita dalam mengaksesnya.

Meski begitu, keamanan data menjadi salah satu hal yang seringkali dipertanyakan. Memang zaman sekarang semua hal bisa diakses melalui sistem online. Namun seringkali timbul ketakutan tersendiri ketika data-data yang tersimpan tidak terlindungi dengan sistem keamanan yang mumpuni untuk mencegah terjadinya kebocoran data ke ranah publik. Selain itu, kemajuan teknologi juga menjadikan setiap individu bertanya-tanya. Apakah yang akan terjadi di beberapa tahun yang akan datang ketika semua hal dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi? Mungkinkah di lima tahun yang akan datang tenaga manusia masih dibutuhkan?

Advertisement

Era digital yang saat ini terus berkembang, terkadang menjadi dilema tersendiri bagi sebagian orang. Ketika segalanya bisa lebih mudah dilakukan hanya dengan sekali akses lewat jejaring internet, apakah mungkin tenaga manusia masih digunakan lagi? Untuk menjawabnya mungkin harus dilakukan riset terlebih dahulu. Namun bila dilihat dari semakin gencarnya perkembangan teknologi di era digital ini, tenaga manusia mungkin akan semakin sulit untuk ditemui dibeberapa instansi. Bahkan malah bisa jadi dibeberapa tahun yang akan datang, akan muncul pekerjaan-pekerjaan baru atau aktivitas baru yang sebelumnya belum pernah ada dan semua itu membutuhkan tenaga manusia. Di mana pekerjaan atau aktivitas tersebut belum pernah terpikir dalam benak setiap individu.

Tidak ada yang salah di era digital saat ini, Karena itu adalah bukti dari adanya inovasi yang memang seharusnya dilakukan sekarang ini. Semua itu semata-mata untuk membantu memudahkan dan menjangkau masyarakat dalam mengakses setiap layanan. Asalkan bijak menggunakan, maka tidak akan jadi bumerang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya