Cerewet adalah anugerah terindah yang pernah kumiliki *whoa kok malah nyanyi thor*. Eitss tapi kalo dalam perspektif Islam, cerewet itu gak baik lo, guys! Lisan (ucapan dan kata-kata) merupakan bahasa hati, mewakili akal dari manusia yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta dan lebih penting lagi merupakan pintu ruh manusia. Apa yang ada pada lisan merupakan gambaran jiwa manusia tersebut. Lisan merupakan alat interaksi dengan oranglain yang pada suatu waktu juga bisa berbahaya. Menurut author cerewet gak sepenuhnya jelek asalkan bisa mengontrolnya aja, takutnya karena lisan kita hati orang lain jadi terluka. Author juga orang cerewet yang insyaallah sedang berproses jadi lebih baik.

Nah kali ini author mau share tips-tips biar kalian gak dijudge cerewet nih. Gak mungkin bisa si kalian jadi anak pendiam,but ga ada salahnya mencoba dan menjadikan rutinitas.

Advertisement

1. Belajarlah bersikap tenang

Kebiasaan para orang cerewet akan mengeluarkan segala uneg-uneg yang ada dipikirannya tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu. Rasa-rasanya kalo gak ngomong 1 menit aja bibir udah gak betah. Maka dari itu mulai dibiasakan berfikir jernih, gak semua kata-kata yang ada di otak kalian dikeluarkan begitu aja tanpa dipikir dulu. Bisa jadi kata-kata kalian gak berfaedah sama sekali. Sayang kan kalo gara-gara mulut/ bibir dosa kalian jadi nambah?

2. Walaupun tenang, tetaplah jadi pribadi yang ramah

Advertisement

Tenang gak menghalangi kalian jadi anti sosial kok. Yang jelas gerak-gerik kalian akan lebih terkontrol. Pertahankan saja sikap terbuka dan bisa didekati, setidaknya kalian gak akan di cap agresif kalo kalian mampu mengendalikan diri kalian sendiri.

3. Biarkan orang lain mendominasi pembicaraan

Gak usah berpikiran kalo orang yang mendominasi itu orang paling jago, paling pinter. Belum tentu penilaian semua orang kayak gitu,guys. Stay kalem aja dan cobalah jangan menarik perhatian. Berusahalah menjadi pendengar yang baik,gak seperti ego kalian yang maunya selalu didengarkan. Kalau kalian ingin terlihat lebih aktif sebaiknya juga berbicara sesuai topik dan keperluan aja.

4. Kurangilah menginterupsi orang lain

Kecenderungan kalian yang cerewet ialah sering memotong pembicaraan orang lain. Kan kesel ya jadi gak selesai-selesai. Cobalah dulu mendengarkan sampai selesai,kalo kepepet pengen motong pembicaraan setidaknya mengatakan “ Maaf. Aku potong pembicaraannya dulu boleh gak?”

5. Volume suara dikecilkan

Cobalah berbicara dengan nada yang sedikit lembut. Kan adem tuh kalo dengerin cewek yang suaranya lemah lembut. Yang penting kan masih bisa terdengar dan pesan yang kalian inginkan tersampaikan.

6. Kalo siap si coba aja jadi pendiam, 30 menit aja!

Bukan dalam waktu tidur ya jadi pendiam. Cobalah di waktu produktif kalian buat menahan buka mulut. Kalo gak betah 30menit ya 10 menit dulu deh. Dalam proses berdiam diri itu kalian bisa diskusi sama diri kalian sendiri,kalo bahasa sekarang si me time. Setidaknya kalian akan tahu apasih tujuan hidup ini.

Buat orang-orang yang emang gak bisa diem alias cerewet + hiperaktif tips-tips ini kayaknya susah ya dijalanin. Namanya juga berproses , gak ada yang gampang. Ibarat bayi setelah lahir gak bisa langsung jalan kan. Saat berproses kalian juga akan melewati gangguan-gangguan. Gak ada proses yang mengkhianati hasil kok .

Bismillahirrahmanirrahim yuk berproses bareng!

^^ Salam cinta dari Author ^^

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya