Keindahan B29 ini sudah tidak bisa diragukan lagi sehingga ketika banyak wisatawan baik lokal maupun non-lokal. Wisatawan yang mengunjunginya bisa menambah dan meningkatkan perekonomian penduduk sekitar dengan berdirinya homestay atau rumah yang disewakan untuk menginap, warung-warung kecil dan jajanan lokal penduduk desa Argosari. Hal ini hampir mirip dengan yang terjadi di lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).


Potensi B29 ini sempat menjadi sedikit kisruh antara pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Kabuptan Lumajang yang saling klaim bahwa bukit B29 adalah di wilayah pemerintahan masing-masing kabupaten.


Advertisement

Terlepas dari hal tersebut, para pecinta wisata camping dan pendakian akan diberi sensasi tersendiri ketika sudah berdiri di atas bukit B29. Di mana Anda akan disuguhi pemandangan menari ke seluruh area wisata TNBTS, Gunung Semeru dan sekitarnya. Di sebelah utara dari bukit B29 juga terdapat puncak B30 yang pemandangannya tidak kalah menarik dari B29 Lumajang. Lokasi B29 terletak di Kecamatan Senduro, tepatnya di desa Argosari Kabupaten Lumajang. Dari pusat kota Lumajang membutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam untuk mencapai puncak bukit ini. Dengan jalanan aspal yang berkelok-kelok dan sedikit extrem.

Kendaraan umum tidak tersedia untuk menuju lokasi bukit B29 jadi Anda harus memakai kendaraan pribadi dan harus dipastikan kondisi kendaraan harus fit dan prima. Di manapun Anda berasal, peta B29 lumajang atau rute untuk menuju B29 sangatlah mudah. Pertama anda harus tahu lokasi dari Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Dari Kota Surabaya, Malang, Batu, Banyuwangi atau Jember banyak terdapat kendaraan umum yang melintasi kota Lumajang baik kereta Api maupun Bus. Saat sudah memasuki Lumajang anda mengikuti rute menuju Kecamatan Senduro.

Dari Senduro ini berjarak sekitar 17 Km untuk sampai di desa Argosari dan ketika sudah memasuki desa terdekat B29 Agosari banyak terdapat papan nama dan petunjuk yang menuju puncak bukit B29. Pemandangan selama rute ini sangat indah, terasering lahan pertanian penduduk sekitar sungguh mengagumkan, ditambah lagi sambutan yang ramah dari penduduk sekitar yang tidak segan untuk melepas senyum kepada wisatawan yang akan menuju bukit terbaik di kawasan wisata Bromo ini.

Advertisement

Julukan untuk " Puncak B29 Negri di Atas Awan" bukan lah isapan jempol semata. Saat sore hari menjelang puncak bukit sering diselimuti oleh kabut putih yang sangat tebal, sehingga pemandangan kadang-kadang radiusnya hanya beberapa meter di depan mata. Namun saat pagi menjelang matahari terbit, Anda akan disuguhi indahnya sunrise B29 yang menakjubkan dan istimewa. Kabut putih yang semalam menyelimuti bukit, turun ke kaldera di kawasan wisata Bromo, di sinilah pesona B29 Lumajang, Anda akan merasakan sendiri sensasi pemandangan dari puncak, dimana awan putih yang menghampar di bawah kaki kita. Yang terlihat dari sini adalah Puncak Penanjakan, Wisata Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru.

Wisata Backpacker ke Bukit B29 Lumajang juga cukup mudah, apalagi Anda pecinta traveling ala backpacker. Rasa lelah dan letih saaat perjalanan dari kota Anda akan terbayar jika sudah berdiri di sini. Bagi wisatawan yang pengambil paket wisata Bromo melalui rute Probolinggo (Desa Cemara Lawang Bromo), anda bisa menuju B29 dari Bromo dengan cara memakai jasa sewa kendaraan motor cross atau trail yang banyak disewakan di sekitar Gunung Bromo. Tidak usah memakai jasa sewa jeep bromo bahkan para warga sudah ada yang menyediakan jasa ojek karena perjalanan masih cukup jauh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya