Beberapa orang mungkin berpikir, “kenapa sih harus berpikiran global, masalah dalam negeri saja sudah banyak”. Mungkin sebagian dari kalimat tersebut benar, ya masalah didalam negeri tercinta kita ini banyak sekali. Tapi sebenarnya ada banyak alasan untuk kita untuk lebih berpikiran global. Yakin deh, akan ada manfaat yang kamu dapatkan dan bahkan mungkin bermanfaat untuk Indonesia apabila sebagian besar anak mudanya berpikiran global. Di artikel ini, penulis sudah merangkum 3 alasan kenapa kamu berpikir dan berwawasan global itu harus:

Ber-perspektif global akan membuka matamu bahwa dunia tidak hanya sebesar daun kelor

Kita tidak bisa lagi mengisolasi diri dari pengaruh global. Berpikiran sempit dan tertutup hanya akan membawamu pada ketertinggalan. Ber-perspektif global akan membawamu mengenali bahwa dunia itu tidak memiliki batasan, kamu pun akan tau bagaimana menghargai perbedaan seperti perbedaan ras, warna kulit, ideologi dan nasionalisme.

Globalisasi

Globalisasi adalah alasan utama kenapa kita harus berwawasan global. Ya, kita sudah memasuki masa globalisasi, dan mungkin bisa dibilang super globalisasi. Globalisasi adalah sebuah panggung dunia dimana negara, perusahaan, dan masyarakat internasional berkompetisi dipanggung tersebut. Tak seorang pun dapat menghindar dari gelombang globalisasi. Jika kita tidak siap, maka kita akan kalah. Maka bagi kamu sebagai generasi muda, akan lebih baik jika kamu berwawasan global, mengenali isu-isu dunia, dan menengok kebelahan dunia lain untuk membuat kontribusi yang lebih baik untuk negara kita yang tercinta ini. Dan tentunya untuk membuat Indonesia menjadi lebih siap menghadapi globalisasi tersebut.

Advertisement

Asean Economic Community (MEA) sudah dimulai, kamu akan bersaing dengan seluruh pemuda di ASEAN untuk masa depan yang lebih cerah

Era Asean Economic Community bukan lagi membuka batasan-batasan antar negara, tetapi seolah menghapuskan batasan-batasan antar negara. Jika kita menutup wawasan kita, maka kita akan kalah “perang” dengan negara-negara ASEAN lainnya. Di era ini, Indonesia membutuhkan kontribusi nyata dari generasi mudanya untuk lebih siap menghadapi tantangan-tantangan globalnya.

Jadi, mari kita buka mata dan wawasan kita secara global karena itu akan menjadi salah satu kontribusimu terhadap Indonesia. Bisa kita bayangkan kan jika generasi muda kita bisa mendominasi dunia internasional?