Strobing adalah teknik yang masih terbilang baru di dunia per-make-up-an yang dikatakan bisa mengambil alih para penggemar contouring. Teknik strobing ini dikatakan akan menggantikan tren contouring yang sempat marak karna dikenalkan oleh Kim Kardashian dan make-up artisnya, Mario. Berbanding terbalik dengan contouring, strobing tidak fokus pada shading di area wajah melainkan highlight.

Jika pada contouring kamu harus bersusah payah menciptakan ilusi bayangan pada wajahmu agar terlihat tirus dan tegas, dengan strobing kamu bakal lebih fokus ke highlight supaya terlihat glowing dan menonjol.

Advertisement

Tren baru ini dikatakan akan menggantikan contouring yang sudah menjelma menjadi tren sejuta umat selama ini. Namun apa alasan-alasan yang bikin strobing bisa jadi pengganti contouring yang sudah menjadi kegiatan wajib hampir seluruh wanita adalah karena step-nya yang tidak terlalu banyak dan ribet.

Orang kerap berpikir bahwa menciptakan ilusi kulit yang terlihat mengkilap alami adalah sesuatu yang merepotkan dan memerlukan banyak usaha serta energi. Tapi siapa tahu bahwa strobing tidak seribet yang kita bayangkan. Jauh berbeda dengan contouring yang memerlukan banyak usaha untuk membuatnya terlihat flawless, apa yang kamu perlukan untuk melakukan strobing hanyalah segelintir make-up; moisturizer, base make-up, dan highlighter.

Berikut langkah-langkah dalam melakukan strobing yang baik dan benar:

Moisturized

Moisturizer adalah kunci terpenting dalam strobing. Lagi pula, memang tujuan dari strobing ini adalah untuk membuat ilusi muka mengkilap alami kan? Kulit yang cukup lembab adalah kanvas yang sempurna untuk membuat mu terlihat glowing alami. Jadi penting untuk kamu menggunakan moisturizer yang cocok dan tepat untuk jenis kulitmu.

Advertisement

Banyak orang yang beranggapan salah mengatakan bahwa kulit berminyak tidak perlu memakai moisturizer. Namun segala jenis kulit sejatinya memerlukan pelembab yang cocok. Justru karena mukamu kekurangan cairan, maka wajah kamu akan memproduksi minyak berlebih agar wajahmu lembab. Orang yang memiliki kulit berminyak bisa menggunakan moisturizer yang berbentuk gel.

Base Make Up

Karena dasarnya strobing ini bertujuan untuk terlihat "glowing dari dalam", make up yang perlu kamu gunakan pun tak perlu terlalu tebal, cukup base saja, seperti foundation dan concealer yang sudah di set dengan bedak tabur. Itu sudah cukup untuk mempersiapkan kanvas yang diperlukan untuk perfect strobing.

Aplikasikan bronzer, tapi tak berlebihan

Selain highlighter, kamu juga perlu memakai sedikit bronzer sehingga kelihatan natural. Tujuan dari bronzer ini bukan untuk membuat ilusi sculpted seperti teknik contouring, namun lebih ke menambah sedikit shade pada wajah agar terlihat lebih warm untuk mengimbangi pucatnya wajahmu setelah mengaplikasikan base make up.

Jangan lupa, pengaplikasian bronzer inti tidak boleh berlebihan dan mengambil alih fokus utamanya! Highlight!
Jadi gunakanlah secukupnya saja.

The Right Highlighter

Poin kritikal selanjutnya saat melakukan strobing ialah pilihan warna highlighter yang tepat sehingga terlihat natural dan effortless. Walaupun banyak warna highlighter yang terlihat menggiurkan, highligter itu tidak akan terlihat bagus dan natural di wajahmu juga warnanya tidak cocok.

Kulit yang putih biasanya cocok dengan highligter bernada champange sedangkan kulit yang berwarna medium lebih cocok dengan highlighter yang mengarah pada pink champange. Selain itu kulit yang sedikit gelap sangat cocok dengan highlighter berwarna coklat oranye. Highlighter emas juga terlihat sempurna untuk orang yang kulitnya berwarna kuning langsat. Jadi pilihlah highlighter-mu dengan bijak!

Selain itu pengaplikasian highlighter juga sebaiknya di tempat yang seharunya saja yakni baguan-bagian yang menonjol. Kalau kamu kurang paham, bayangkan saja kamu lagi bermandikan sinar matahari, dan bagian wajahmu yang mengkilap karna sinar matahari itu adalah bagian yang harus kamu highlight. Bagian-bagian ini biasanya merangkap: tulang pipi, tulang alis, tulang hidung, serta garis bibir bagian tengah atas yang disebut cupid's bow.

Nah demikianlah langkah-langkah strobing yang baik dan benar. Simpel kan? Karena memang konsep dari strobing yakni membuat wajah tampak berkilau alami tanpa make-up berlebih. Teknik ini udah digandrungi banyak selebritis dunia lho. Kamu kapan coba?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya