Perempuan selalu saja memikirkan karir terbaik yang akan ia lakukan.

Tidak ingin sedikitpun apa yang ia jalani menjadi sia-sia. Apa sebenarnya yang menjadi karir sukses seorang perempuan? Perkejaankah? Coba saja ketika seorang perempuan memiliki pekerjaan dan telah di posisi jabatan yang tinggi, lalu dalam masa waktu tertentu ia akan kembali naik jabatan, kemudian naik dan naik lalu akirnya pensiun karena usia telah menyitanya. Masa-masa kesuksesannya hanya sampai pada SK terakir sebelum ia dipensiun.

Advertisement

Lalu setelah itu kemana kesuksesan itu? Itulah yang pada hari telah banyak terjadi. Perempuan sibuk dengan karirnya yang pada akirnya menghilang dalam jejak yang akan dilupakan. Prianti Gagarin seorang Dubes Indonesia untuk Venezuela mengatakan, "Perempuan hebat adalah perempuan yang sadar akan kodratnya. Selain harus berjuang untuk kemajuan bangsa, ia juga sadar bahwa perempuan harus menjadi ibu yang baik bagi keluarga karena peran ibu sangat besar untuk menunjang kesuksesan suami atau anak-anaknya."

Inilah sebenarnya karir paling sukses seorang perempuan menjadi seorang ibu yang akan menciptakan kesuksesan tanpa pernah menginjak status pensiun. Keberhasilan menjadi seorang ibu akan membentuk seorang anak yang berhasil lalu kemudian anak tersebut akan menjadi ibu untuk anaknya dengan mengikuti kesuksesan dari seorang perempuan yang pernah ia dapatkan dan kesuksesan itu akan terus berlanjut pada keturunan selanjutnya.

Perkataan Sruti Respati seorang penggiat seni bahwa, "Perempuan hebat adalah perempuan yang menjiwai sebagai ibu. Ibu yang mengandung benih peradaban, melahirkan dengan cinta dan perjuangan, merawat dan membesarkan baik moral maupun material, mendidik, mempersiapkan dan mengawal keberlanjutan estafet peradaban. Ibu adalah semesta yang memuat semua isi alam. Ibu adalah kesederhanaan yang mampu menyentuh kedalaman dengan melahirkan peradaban. Menjadi perempuan hebat adalah menjadi sederhana di kedalaman semesta sesuai titah-Nya."

Advertisement

Jika kita seorang perempuan mampu mencapai posisi menjadi IBU itulah karir tersuksesnya. Karena ibu tidak pernah pensiun.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya