Saat ini teknologi telah berkembang kian pesat. Salah satu teknologi yang sangat populer adalah gadget. Dengan adanya gadget dapat membantu segala urusan manusia. Gadget tidak lagi ditemui pada orang dewasa saja, melainkan pula dipakai oleh anak- anak. Di sini tentunya peran orang tua sangat dibutuhkan untuk bersikap bijak dalam memberikan alat komunikasi tersebut.

Jika digunakan dengan bijak maka gadget akan bermanfaat sebagai media pembelajaran untuk anak. Jika penggunaanya tidak terkontrol maka pengaruh gadget akan sangat berbahaya bagi tumbuh kembang anak. Berikut dampak positif dan negatifnya.

Advertisement

Dampak positif

1. Menambah pengetahuan

Anak- anak yang menggunakan gadget yang berteknologi canggih, akan memperoleh sebuah informasi mengenai tugas sekolah dengan mudah dan cepat. Sebagai contoh yakni ketika seseorang ingin mengetahui sebuah informasi maka ia akan browsing internet di mana saja dan kapan saja. Maka dengan demikian dari adanya internet yang terdapat di gadget kita bisa menambah ilmu pengetahuan.

Advertisement

2.Memperluas persahabatan dan mempermudah komunikasi

Dengan adanya gadget maka dapat memperluas jaringan persahabatan karena dapat dengan mudah dan cepat bergabung ke sosial media. Sehingga mempermudah komunikasi kita dengan teman.

Dampak negatif

1. Menyebabkan kecanduan

Ketika anak lagi asik bermain gadget biasanya mereka lupa makan sehingga asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya dan terganggu. Kecanduan gadget juga akan berdampak terhadap kepribadian anak sehingga ia akan cenderung tertutup dan tidak bersosiolisasi.

2. Gangguan tidur

Pada saat malam hari sebaiknya orang tua tidak memberikan gadget kepada anaknya. Anak- anak akan lebih asik bermain game sehingga waktu tidur mereka akan terganggu. Di sini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mengontrol penggunaan gadget anak mereka.

3. Pengaruh tayangan

Terkadang orang tua tidak menyadari kalau anak mereka membuka situs online yang mempertontonkan tayangan yang tidak seharusnya anak mereka lihat.

Untuk mencegah dampat negatif gadget terhadap tumbuh kembang anak. Sebaiknya orang tua memberikan batasan waktu pada anak dalam menggunakan gadget, sehingga tidak menjadi ketergantungan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya