Hai.. Hipwee lovers ketemu lagi sama saya di Hipwee Community. Belakangan ini saya lagi senang duduk di depan teras rumah sambil mengamati aktivitas masyarakat sekitar. Ketika menjelang sore saya memperhatikan kerumunan orang yang turun dari angkutan umum untuk kembali ke rumah mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah seharian bekerja. Begitu pula yang terjadi pada akun media sosial yang dijadikan tempat meluapkan curahan hati setiap orang tentang perasaannya setelah bekerja seharian. Coba deh kamu lihat seseorang melalui karakter kehidupannya yang dijalani. Karakter seseorang terbagi menjadi dua bagian yaitu; masyarakat desa atau masyarakat kota. Kedua karakter ini memiliki perbedaan yang sangat unik, karena lingkungan tempat tinggal dari kedua karakter ini sudah jauh berbeda.


Lalu apa saja perbedaan karakter masyarakat kota dan masyarakat desa ?


Advertisement

Karakter Masyarakat Kota:


  • Sisi keagamaan di kota cenderung berkurang bila dibandingkan dengan keagamaan di pedesaan karena masyarakat kota lebih fokus melakukan kegiatan keagamaan pada tempat-tempat peribadatan seperti di masjid, gereja, vihara dll.

  • Masyarakat kota cenderung dapat mengurus dirinya tanpa bergantung kepada orang lain.

  • Masyarakat kota sulit untuk disatukan, karena adanya perbedaan politik, agama, dan sebagainya.

Karakter Masyarakat Pedesaan:

Advertisement


  • Masyarakat pedesaan terlihat sederhana

  • Mudah curiga

  • Menjunjung tinggi norma yang berlaku pada tanah kelahirannya

  • Tertutup dalam hal keuangan

  • Demokratis dan religius

  • Menghargai pendapat orang lain

Itulah karakter antara masyarakat kota dan masyarakat pedesaan yang masing-masing memiliki kehidupan sangat jauh berbeda. Namun, di balik perbedaan dari kedua karakter ini justru memiliki tujuan yang sama. Sekarang kamu lihat dari cara kehidupan masyarakat kota dan masyarakat desa yang berbeda namun memiliki tujuan untuk saling melengkapi. Kamu tidak pernah menyadari hal ini karena disibukan dengan aktivitas masing-masing. Berikut bukti kehidupan kedua karakter ini yang memiliki tujuan untuk saling melengkapi:

Masyarakat Kota:


  • Masyarakat kota memiliki kesibukan yang padat terkadang membuat penat timbul karena masalah yang dihadapi, sehingga membutuhkan refreshing untuk melepas penat sejenak. Orang kota akan pergi liburan ke tempat yang sepi seperti pedesaan.

  • Masyarakat kota membutuhkan makanan untuk mengisi energi dalam menjalani kehidupan. Orang kota membutuhkan para petani yang tinggal di pedesaan demi kelangsungan hidupnya.

Masyarakat Pedesaan:


  • Masyarakat desa selain bertani tentunya memiliki keinginan untuk sukses dengan bekerja. Maka dari itu orang desa membutuhkan orang kota untuk mengadu nasibnya menjadi orang yang sukses dan membanggakan orang tuanya.

  • Dengan bertani, bercocok tanam adalah satu-satunya aktivitas yang biasa dijalani masyarakat pedesaan. Dengan menanam padi hingga menjadi beras, kemudian membutuhkan uang untuk membeli bibit serta perawatan sawah maka dari itu orang desa membutuhkan para pengusaha besar di perkotaan untuk membeli beras yang dipanen untuk ditukarkan menjadi uang penghasilan mereka setelah bercocok tanam.

Jadi seperti itulah karakter dan cara kehidupan masyarakat yang memiliki perbedaan namun tujuannya untuk saling melengkapi. Bahwa setiap manusia pasti memiliki perbedaan dalam kehidupan, tetapi tidak pernah disadari bahwa kehidupan yang dijalani saat ini adalah untuk saling melengkapi satu sama lain. Seperti kedua karakter masyarakat di atas.


Berbeda ras, agama, karakter, lingkungan kehidupan bukan berarti harus tidak saling mengenal. Yang kita butuhkan saat ini adalah terus menjalani kehidupan yang di inginkan dan saling melengkapi satu sama lain. (rizky)


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya