Selain memiliki aroma yang semerbak, ternyata bunga Camellia memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Minyak bunga Camellia yang berasal dari ekstraksi biji bunga camellia memang memiliki banyak manfaat untuk memelihara kesehatan rambut kita. Minyak bunga Camellia bisa dikategorikan sebagai tumbuhan yang menghasilkan asam lemak esensial yang hampir mirip dengan yang ditemukan pada kulit. Wanita Jepang sudah mengembangkan minyak bunga Camellia menjadi perawatan rambut dan kulit cantik mereka.

Sebelumnya, minyak ini hanya digunakan untuk memasak saja, namun kali ini Anda juga bisa merasakan manfaatnya pada kulit. Kulit akan menjadi lebih elastis jika menerapkan minyak bunga Camellia pada wajah dan tubuh . Kandungan minyak bunga Camellia juga akan merawat rambut dan kuku jika Anda rajin dan rutin menggunakannya sebagai kondisioner atau tonik kuku.Seperti minyak zaitun, minyak ini tidak memerlukan sabun ketika dibersihkan dari kulit. Cukup dibilas saja sudah bisa bersih dan tidak meninggalkan minyak di kulit yang akan menutupi pori-pori

Untuk bunga, cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Untuk membudidayakannya pun sangat mudah. Pastikan menyiram bunga ini setiap harinya karena bunga ini tidak tahan kekeringan. Pemberian pupuk juga dibutuhkan tanaman ini. Jika anda menginginkan bunga Camellia cepat tumbuh, cukup lakukan pemangkasan, yang juga berguna untuk merangsang pertumbuhan bunga. Pemangkasan yang tepat dilakukan pada saat akhir musim kemarau, sehingga pada musim penghujan akan tumbuh tunas-tunas baru.

Manfaat lain dari bunga Camellia ini adalah untuk kulit kering yang membutuhkan minyak alami dengan sifat melembabkan. Selain itu minyak ini juga telah digunakan oleh bangsa Asia Timur untuk merawat rambut dan mengatasi kulit kering selama berabad-abad. Dengan menggunakan minyak bunga Camellia, maka memberikan kelembaban dan kelembutan optimal dari kandungan vitamin F serta asam lemak Omega 3 dan Omega 9-nya.

Minyak bunga camellia ini bisa dibeli di toko, mal ataupun supermarket. Cara penggunaannya cukup mudah, untuk rambut tuangkan pada telapak tangan lalu usapkan pada rambut hingga rata. Lakukan hal ini setelah keramas. Sedangkan untuk wajah, anda bisa campurkan saat anda menggunakan masker atau bisa anda oleskan di wajah, tunggu 10 -15 menit setelah itu bersihkan hingga bersih. Jangan terlalu lama karena minyak camellia juga dapat menyebabkan jerawat.