Tampil cantik dengan wajah cerah alami merupakan dambaan setiap wanita,utamanya para remaja putri yang telah beranjak masa pubertas. Tak heran, banyak wanita rela merogoh kocek dalam agar dapat tampil sempurna untuk membuat kulit wajah mereka menjadi lebih cerah. Namun, sahabat pernah kepikiran nggak sih, ternyata bahan yang selama ini mudah kita jumpai di dapur, bahkan kerap menajadi bahan masakan ibu di dapur dapat digunakan untuk merawat kulit wajah kita bahkan dapat membuatnya cerah putih alami loh. Apasajakah itu? Yuk simak !!

1. Air Pususan Beras

Advertisement

Biasanya sebelum menanak nasi, kita mencuci beras hingga bersih lalu membuangnya begitu saja. Justru air beras ini sangat bermanfaat lo untuk merawat kulit wajah kita. Jangan heran ya sahabat, air beras juga kaya akan mineral dan vitamin. Butir beras sendiri kaya akan asam ferulic yang merupakan antioksidan hebat dan penuh dengan allantoin yang dikenal dengan sifat anti inflamasi. Selain menjadi salah satu zat pembersih kulit dengan cara dibuat masker wajah, yang paling lembut, air beras juga mengandung vitamin seperti B1, C, E dan mineral yang dapat mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, mencerahkan bahkan melembabkan kulit.

2. Buah Tomat

Buah yang satu ini cukup familiar bahkan sangat mudah kita temui di dapur, mengonsumsi tomat sangat baik bahkan bisa juga digunakan untuk menjaga kesehatan. Maka tak ada salahnya mencoba masker dari irisan buah tomat untuk merawat kulit wajah. Buah tomat memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah seperti vitamin C dan E serta memiliki kandungan anti kuman yang sangat ampuh dalam membasmi kuman-kuman pada kulit wajah yang dapat digunakan sebagai masker wajah yang dapat mencerahkan dan melembabkan kulit wajah.

Advertisement

3. Mentimun

Buah mentimun biasanya kita jumpai sebagai lalapan yang memiliki rasa segar ini kerap kali dijadikan sebagai bahan kecantikan, salah satunya digunakan sebagi masker, sahabat pasti tidak asing lagi dengan penggunaan masker mentimun untuk kulit wajah kalian. Silika dan antioksidan dalam kandungan mentimun membantu untuk meringankan kulit yang berpigmen dan meremajakan kulit serta melembabkan kulit kering.

4. Jeruk Nipis

Buah asam kaya vitamin C ini kerap kali digunakan untuk campuran memasak ataupun dikonsumsi langsung untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain kaya akan vitamin C, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, flavonoid dan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas dan menjaga kekebalan tubuh. Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit berjerwat dan komedo serta dapat mengencangkan pori-pori dan menghilangkan kulit mati.

5. Kulit Pisang

Tak hanya buahnya saja yang dapat kita konsumsi, ternyata kulit pisang juga baik untuk kulit wajah kita. Kulit pisang dapat menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit menjadi lebih sehat. Kulit Pisang ini juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kantong mata, cobalah gunakan bagian dalam kulit pisang dan oleskan pada bagian bawah mata untuk membuat kantung mata menjadi hilang secara perlahan dan lakukan secara rutin.

6. Baking Soda

Tak hanya digunakan untuk bahan pembuatan kue, baking soda juga bermanfaat untuk kulit wajah.Baking soda dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan mencegah bekas jerawat datang lagi. Tak hanya itu, baking soda juga bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Sifat baking soda bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga cocok untuk dijadikan pembersih wajah dan juga pemutih wajah.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya