Pepaya merupakan tanaman tropis sejuta manfaat. Sebenarnya, bukan hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi atau dimanfaatkan khasiatnya. Ya, daun pepaya. Daun pepaya itu sendiri juga memiliki khasiat yang cukup besar. Namun, daun pepaya sering kali dianggap remeh karena rasanya yang pahit. Tanpa anda ketahui di balik rasa pahit daun pepaya, ia memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Takut pahit? Pertimbangkan dulu dengan manfaatnya berikut ini!


  • Mencegah Kanker

Advertisement

Manfaat besar daun pepaya adalah pencegah dan pembunuh sel-sel kanker. Hal ini disebabkan karena daun pepaya mempunyai kandungan acetogenin yang efektif untuk menyembuhkan kanker. Dengan cara meminum rutin air rebusan daun pepaya, akan perlahan membunuh sel kanker dalam tubuh.


  • Meringankan Nyeri Haid

Bagi wanita yang sering kali merasakan nyeri saat datang bulan, anda bisa memanfaatkan air rebusan daun pepaya untuk mengurangi rasa nyeri karena datan bulan.

Advertisement


  • Mengatasi Sakit Tifus

Sakit tifus pada umumnya diobati dengan menggunakan ekstrak cacing. Tak hanya cacing, daun pepaya juga dapat mengobati tifus anda. Itu karena daun pepaya mengandung zat tannin, antibakteri dan karpain yang bisa meredakan tifus yang disebabkan oleh bakteri.


  • Melancarkan Pencernaan

Daun pepaya mengandung serat yang dapat membantu mengatasi gangguan pada pencernaan. Seperti susah buang air besar. Anda dapat meminum air rebusan daun pepaya untuk mengatasinya.


  • Mengatasi Jerawat

Tak banyak yang mengetahui apabila daun pepaya dapat mengatasi jerawat. Tak perlu khawatir efek samping karena daun pepaya adalah obat alami. Dengan menggunkan masker daun pepaya dan dicampur madu, anda bisa mengatasi masalah jerawat secara alami. Antibakteri yang terkandung didalamnya dapat membantu menghilangkan bakteri pada wajah yang sedang kotor.


  • Kondisioner Alami

Dengan menggunakan daun pepaya yang dihancurkan lalu diusapkan ke kepala secara rutin akan membantu agar rambut lebih lembut dan gampang diatur serta membuat rambut lebih berkilau.


  • Menghilangkan Ketombe

Kandungan karpain yang terkandung dalam daun pepaya dapat membantu mengendalikan produksi ketombe pada kulit kepala. Ekstrak daun pepaya juga dapat menghilangkan kotoran atau minyak pada rambut.


  • Membersikan Wajah

Daun pepaya dapat membantu menghilangkan noda atau bekas jerawat pada wajah. Anda bisa mengoleskan ekstrak daun pepaya dengan madu yang dijadikan masker keseluruh wajah dapat membuat kulit wajah anda menjadi bersih, halus, dan juga sehat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya