Bukan cuma perempuan tomboy aja kok yang nggak suka dandan. Banyak juga yang feminin tapi merasa kalo make-up itu terlalu ribet untuk kehidupan sehari-hari. Mungkin kamu salah satu dari perempuan jenis ini, yang sering bikin teman-teman kamu gemas dan bilang, "Sini aku dandanin!" atau, "Cewek kok nggak suka dandan, sih?" Lalu kamu mulai bertanya-tanya apa salah ya kalo perempuan nggak suka dandan?

Kamu harus tahu bahwa perempuan itu dilahirkan cantik. Jadi, suka atau nggak sukanya kamu dandan bukanlah faktor penentu bagaimana orang akan memandang kamu. Banyak hal yang bikin seseorang jadi menarik; cara dia berpikir, selera humornya, kemandiriannya, kelembutan hatinya, sopan santun, wawasannya, cara dia menjaga diri, dan banyak lagi. Intinya, hal-hal positif di dalam diri seorang perempuan lah yang bisa membuatnya cantik. Klise, sih. Tapi benar adanya. Pasti ada satu atau bahkan beberapa orang dengan inner beauty seperti ini yang kamu kenal.

Kalau kamu perempuan yang nggak suka dandan, beberapa hal menguntungkan berikut ini pasti pernah kamu rasakan: uang saku cenderung awet, waktu untuk siap-siap keluar rumah cukup singkat, nggak kuatir kulit rusak karena produk kosmetik, bisa menghabiskan waktu lebih lama di toko buku saat teman-teman kamu mampir ke counter kosmetik, nggak perlu retouch bedak atau apapun setelah seharian jalan-jalan, terbiasa foto tanpa filter, dan cukup duduk manis saat perlu dandan karena orang lain yang akan melakukannya untuk kamu.

Tapi, nggak suka dandan bukan berarti nggak menikmati dandanan orang lain. Ada kalanya kamu lihat-lihat make-up tutorial di YouTube atau mengagumi foto teman-teman kamu yang bisa dandan bak make-up artist profesional. Lalu kamu iseng mencoba satu atau dua warna lipstick matte yang sedang jadi trend atau krim BB, tapi akhirnya nggak terpakai karena terlalu malas untuk pakai setiap hari. Kamu selalu kembali lagi ke bedak bayi dan lipgloss, karena itu yang membuat kamu nyaman.

Kamu mungkin juga sudah pernah dengar tentang #nomakeupmovement yang dipelopori Alicia Keys. Yang rajin nonton The Voice pasti tau, deh. Nah, movement ini sebenarnya bukan untuk menentang mereka yang suka berdandan, tapi lebih ke self empowering untuk perempuan. Bahwa tanpa make-up pun semua perempuan bisa tetap cantik. Ya, tentu ada lah yang bilang, "Ya iya lah, Alicia Keys kan udah dari sananya cantik. Jadi nggak dandan pun tetep cantik." Nah, justru ini inti dari movement tadi. Untuk menumbuhkan rasa percaya diri semua perempuan akan dirinya sendiri dan percaya bahwa mereka berharga. Jangan takut untuk tampil polos karena itulah kamu yang sebenarnya.

Advertisement

Selama kamu menjaga kebersihan diri (kalau ini harus suka!) dan merasa nyaman jadi diri sendiri, kamu pasti kelihatan menarik.