Kehidupan Tidak Akan Selalu Berjalan Dengan Mulus, Kita Hanya Perlu Tersenyum Untuk Terlihat Baik-baik Saja.

“Dunia ini bagaikan panggung sandiwara”. Bagaimanapun kondisi kita, bagaimanapun hidup kita, bagaimanapun orang-orang yang kita temui, kita hanya perlu bersandiwara. Manusia itu harus bijak menempatkan dirinya dalam kondisi apapun. Tapi bukan berarti kita bisa dibilang bermuka dua atau lainnya. Tapi kenyataan memang berkata demikian.

Advertisement

Jika kita menilik ke belakang, banyak permasalahan yang terjadi di tahun-tahun lalu. Mulai dari masalah pencabulan, pembunuhan bahkan masalah hubungan sering diumbar di media sosial. Heran juga melihat tanggapan-tanggapan dari para netizen yang menganggapnya dengan rasa kasihan bahkan juga sebaliknya. Kita memang hidup di zaman apapun yang kita lakukan selalu curhatnya ke media sosial. Tidak bisa disalahkan atau dibenarkan tapi bersikap dengan sewajarnyalah dalam mencurahkan isi hatimu ke dunia maya.

Karena percuma kamu mengumbar-umbar masalahmu kepada orang lain. Toh tidak ada yang sungguh-sungguh merasa iba padamu. Karena,

sedalam apapun luka itu,

Advertisement

sebesar apapun masalah itu,

sesakit apapun perasaan itu,

hanya kita yang tau bagaimana rasa itu sebenarnya, bukan orang lain. Berhenti menyibukkan diri dengan perkataan orang lain. Tidak penting mengharapkan respon dari orang lain. Percuma, tidak akan ada gunanya. Orang lain tidak akan mengerti bagaimana perasaan sakit itu karena mereka tidak merasakan yang sama denganmu.

Jangan sekali-kali membandingkan hidupmu dengan orang lain karena kita tidak tahu apa yang mereka alami, apa yang mereka lakukan demi hidup yang lebih baik. jangan sekali-kali membandingkan bahwa masalahmu lebih besar sedangkan orang lain tidak. Besar atau kecil masalah itu tetaplah sebuah masalah. Jangan pernah merasa bahwa seakan-akan hanya hidupmu yang sangat rumit.

semua manusia pasti mempunyai masalah, mungkin di antaranya memilih mempublikasikannya dan sebagian lagi memilih menguburnya dalam-dalam. Mereka menjalani masalahnya dan menyelesaikannya seorang diri. Ya memang begitulah hidup, tidak akan pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi. Jadi lebih baik terus berkarya dan memperbaiki diri. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur, karena setidaknya kita masih diberi kehidupan.

Jika kamu tidak bisa menyelesaikan masalahmu, cobalah cari solusi dengan cara lain. Jangan menumpuk masalahmu seperti baju kotor ditumpuk di keranjang. Tapi coba pecahkan masalahnya. Banyak jalan menuju roma. Jika kamu juga masih tetap tidak bisa keluar dari masalah itu, ya dijalani saja. Tuhan tidak akan memberikan cobaan di luar kemampuan kita. percaya saja pada kata itu, mungkin ada benarnya.

Banyak permasalahan di dunia ini yang terkadang tidak bisa dilogikakan. Bukan karena kemauan tapi karena sebuah tuntutan. Hidup di zaman saat ini, kita harus benar-benar menjadi orang-orang kuat. Kata orang mental harus sekuat baja. Jika cuman mental tempe, kita akan habis digilas zaman. Tidak ada gunanya kamu berteriak minta tolong, tidak akan ada yang mau membantu. Manusia zaman sekarang itu cueknya tingkat dewa. Jadi hanya dirimu sendirilah yang bisa menolongmu.

Apapun masalah itu, libas saja semua. Terus saja maju ke depan, jangan hiraukan samping kiri kanan bahkan menoleh kebelakang. Apa yang di belakang itu adalah sebuah pembelajaran untuk maju ke depan. Jangan biarkan hal itu menghalangi jalanmu. Tapi ingatlah jika kamu lelah, berhentilah sejenak. Kalau sudah merasa lebih baik, fokuslah kembali untuk maju ke depan. Demikianlah beberapa orang menjalani hidupnya.

Hidup ini semakin hari, semakin tidak adil kok. Tapi kalau bicara masalah adil, tidak akan pernah ada habisnya karena keadilan itu masalah relatif. Oleh karenanya berusahalah untuk bersikap tidak cemburu kepada mereka-mereka yang dari lahir hidupnya sudah baik-baik saja.

Hidup itu penuh dengan permasalahan kok. Aku pun yakin semua orang pasti mengalami permasalahan-permasalahan. Anggap saja masalah itu sebuah pelajaran. Memang terkadang kita itu harus diberikan suatu cobaan yang berat. Dengan begitu kita akan mengerti bagaimana hidup yang sesungguhnya. Begitulah hidup, tidak akan selalu berjalan sesuai dengan harapan kita. Tapi kita memilih tersenyum sehingga semuanya terlihat baik-baik saja.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya