Tanggal 25 Januari 2018 kemarin mulai tayang film Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990. Kalian pasti sudah pernah lihat trailernya kan? Gimana tanggapan kalian setelah nonton trailernya? Jadi pingin nonton filmnya kah atau jadi pingin baca novelnya dulu baru nonton filmnya? Hehe

Nah untuk kalian yang belum lihat filmnya dan belum baca novelnya, lebih baik kalian baca novelnya dulu deh baru setelah itu nonton filmnya. Kenapa? Karena film merupakan visualisasi cerita di novel. Nah, untuk bisa menikmati filmnya, pastinya kalian harus tau jalan ceritanya dulu dong. Beberapa teman aku yang sudah nonton filmnya tapi belum baca novelnya, mereka malah nanya balik ke aku (yang sudah baca novelnya tapi belum nonton filmnya).

Advertisement

Apa yang mereka tanyakan? Mereka malah nanya "siapa sih Dilan itu?". Nah, disitulah aku mulai jelasin secara detail siapa dilan, dan jalan ceritanya bagaimana. Dan menurut mereka, jalan cerita filmnya menggantung (yaiyalah gantung, karena yang di filmkan itu hanya novel dilan yang seri 1 yaitu Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990). Perlu diketahui terlebih dahulu, novel Dilan ini punya 3 seri. Seri yang pertama berjudul Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990; Seri yang kedua berjudul Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1991; dan seri yang ketiga berjudul Milea: Suara dari Dilan.

Film yang pada tanggal 25 Januari 2018 tayang adalah visualisasi dari novel Dilan yang seri pertama. Mengapa film itu terlihat menggantung, karena di seri pertama hanya menceritakan bagaimana proses PDKT Dilan ke Milea sampai mereka jadian. Setelah jadian gimana? Semua cerita setelah jadian ada di novel Dilan seri kedua. Terus novel Dilan seri ketiga yang judulnya Milea itu tentang apa?

Novel Dilan seri ketiga yang judulnya Milea adalah suara dari Dilan (Pastikan ketika membaca novel Milea, kalian telah membaca 2 novel sebelumnya. Kalo enggak, kalian bakal bingung). Novel Milea ini bercerita dari sudut pandang orang pertama yaitu Dilan. Sedangkan 2 novel sebelumnya (Dilan 1990 dan Dilan 1991) bercerita dari sudut pandang orang pertama yaitu Milea.

Advertisement

Kesimpulannya, nonton filmnya dan baca novelnya merupakan perpaduan yang pas hehehe 😀 Nah gimana, jadi nonton filmnya dulu atau baca novelnya dulu? Hehe Apapun pilihannya, selamat menjelajah dunia Dilan & Milea kawan :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya