Hidup sebenarnya nggak akan mengajarkan kita sesuatu kalau bukan kita yang coba buka mata untuk liat pelajarannya. Sejatinya hidup ini akan mengajarkan hal yang sama buat semua orang dengan situasi yang berbeda. Dan semuanya balik ke manusia bagaimana manusia melihat dan menyikapi apa yang dikasih hidup ini. Life is full of choices. Hal yang baru ku sadari dari hidup, hidup ngajarin kita buat ikhlas. Bener ternyata kata kata orang kalau I-K-H-L-A-S itu magic word.

Selama ini aku hanya bisa bilang ikhlas itu untuk orang lemah yang kayak ga mau berjuang untuk hidup ini. Ikhlas hanya untuk orang-orang yang pasrah. Mungkin ego dan ambisi mungkin sudah melekat sejak lama dalam hati walau terkadang ga ditunjukkkan dalam sikap. Namun hidup seakan mengajarkan bahwa kita ga akan selalu dapatkan apa pun yang kita pengen karna kalau kita dapatkan apa pun yang kita mau, itu hanya akan buat kita jadi orang serakah, ga tau berterimakasih, jadi orang yang ga tau bersyukur, dan orang yang ga akan tau memaknai perjuangan dan pengorbanan.

Advertisement

Dengan memngetahui fakta ini, kita harus siap dengan segala kemungkinan kegagalan. And then disinilah kekuatan mental dan hati kita diuji. Akhirnya baru ku pahami bahwa sebenarnya ikhlas hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang bermental kuat dan berlapanag dada. Ikhlas hanya akan dilakukan oleh orang-orang yang paham diri mereka sendiri, dimana mereka tau batas kemampuan mereka. Ikhlas nggak berarti kita berhenti berjuang.

Bagi ku, ikhlas adalah suatu fase dimana kita akan menerima keadaan dan keterbatasan yang kita punya. Ikhlas juga adalah keadaan dimana kita nggak akan terus-terusan terpuruk yang buat kita makin lemah. Ikhlas akan ngajarin kita buat bangkit. Iklas akan ngajarin kita buat melihat sesuatu dengan sudut pandang yang positif. Dan magicnya. Ikhlas akan mengubah pola pikir dan whole your life.

Ikhlas akan buat kita memahami bahwa jalan masih banyak, masih banyak pintu yang belum kita coba dobrak, masih banyak ranting-ranting kehidupan yang belum kita tebas, dan untuk yang putus cinta, masih banyak ikan di laut (hahaha). Jadi, selagi masih ada waktu, belajarlah ikhlas karna ikhlas buat sifat bawaan yang diwariskan sejak kita lahir. Ikhlas harus dibangun dari awal. Tetaplah ikhlas menerima kegagalan di masa lalu, relakan sesuatu yang ga bisa kita dapatkan walau sudah sekeras apa pun kita mencoba, karna balik lagi ga semua hal bisa kita dapatkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya