Sering banget diantara kita yang punya kesibukan ini-itu tapi sulit untuk membagi waktunya. Apalagi kalau udah masuk weekend atau long holiday. Duuhh jadi susah ngatur waktunya!

Ada caranya kok biar waktu yang kita miliki bisa teralokasi dengan baik dan tentunya dengan kegiatan yang produktif serta bisa mengembangkan diri. Cara yang sederhana dan bisa di mulai sekarang juga. Apa sih itu?

Advertisement

Daily List atau To Do List. Yup! Daftar harian atau daftar kegiatan yang harus di lakukan. Penting banget buat kita supaya waktu 24 jam yang sudah Tuhan berikan kepada kita tidak terbuang sia-sia atau dapat teralokasikan dengan baik.

Kapan sih harus membuatnya?

Waktu yang tepat untuk membuatnya adalah malam hari menjelang tidur. Kenapa? Karena pada saat itu otak akan berada dalam kondisi yang relax. Sehingga selain melakukan muhasabah menjelang tidur, kita juga sekalian menyusun rencana atau kegiatan untuk esok hari. Susun dengan rapi dan buat kegiatan seproduktif mungkin. Dari mulai bangun tidur, sampai akan tidur lagi.

Advertisement

Dimana kita bisa menuliskannya?

Semua Daily List atau To Do List bisa kita buat di sticky note untuk yang nggak mau ribet bolak-balik lembaran kertas, bisa pula di tulis di buku agenda (kalau yang punya), atau bisa pula di tulis di aplikasi digital yang di tawarkan di Google Play Store atau Apps Store.

Sebagai tambahan, bisa juga nih di set alarm yang menjadi penanda waktu tiap-tiap kegiatan. Biar lebih efisien dan nggak kebablasan.


Dan lagi, usahakan semua Daily List atau To Do List diletakkan di tempat yang mudah terjangkau atau yang sering di lewati kita. Bisa di cermin, meja belajar, atau pintu kamar tidur. Tujuannya biar nggak lupa atau terlewat begitu saja dengan semua kegiatan yang sudah tertulis di sana.


Gimana? Simpel kan? Biar kata waktu yang di kasih oleh Tuhan cuma 24 jam tapi kalau dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka hasilnya akan positif untuk diri kita. Kehidupan kita pun akan menjadi lebih teratur dan terstruktur. Sebab kita tahu bagaimana harus memanajemen atau mengelola serta memanfaatkan waktu dengan benar.

So, happy trying sobat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya