"Lo gak akan ke mana – mana, kalau lo sendiri gak tau mau kemana." – Billy Boen, CEO PT. Young On Top Nusantara

Di usia 20-an bisa dibilang masa-masa kritis juga masa bahagia. Kenapa? karena kita mulai harus bisa fokus dan tau apa yang kita mau. Harus bisa meng-explore bakat, kemampuan, mencari jati diri dan mencari apa yang kita sukai. Kita harus mulai sering berintrospeksi diri dengan kata-kata "gue mau kemana sih sebenarnya?"

Advertisement

Satu jawaban yang pasti adalah, lo emang gak akan kemana-mana kalau lo sendiri gak tau mau kemana. Misalnya aja lo mau order Gojek, terus saat mau klik to location, lo kebingungan karena gak punya tujuan. Akhirnya lo memutuskan untuk bertanya sama kang somay yang ada disebelah lo "Mas, enaknya kemana yaa?" paling si kang somay cuma bisa bengong dan anggep lo orang gila

Sama halnya dengan tujuan hidup lo. Lo gak mungkin tanya sama temen lo, nanya gue atau nanya pawang hujan "gue maunya jadi apa ye?" Engga, karena yang tau jawaban itu semua cuma diri lo sendiri.

Lantas, bagaimana kita bisa tau mau kemana?

Advertisement

Prinsip pertama

1. Jangan Takut Pinter

Kebanyakan anak jaman sekarang tuh takut pinter. Alias males baca dan males cari tahu, males explore dirinya dan bilang "ahh nanti juga tau gue maunya apa." Kalau kamu salah satu orang yang "takut" pinter, ubahlah! Banyak hal yang bisa kamu pelajari dari buku, berita, dan diskusi-diskusi bersama teman-teman.

2. Ikut Organisasi

Gilsss. Masa mahasiswa tuh masa-masa lo harus kembangin diri lo sekembang-kembangnya. Asah kemampuan, jangan cuma galau-galau di sosmed aja. Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu dan jangan jadi orang yang miskin networking.

3. Perluas Lingkungan Pertemanan

Lingkunganlah yang akan ngebentuk lo akan jadi seperti apa. Cemplunglin diri sendiri ke lingkungan dengan orang-orang positif. Otomatis, magnet positif mau gak mau akan narik lo untuk sama-sama menjadi orang yang positif.

4. Create your productive moments

Asah skill, cari tau passion apa. Setelah tau, lakukanlah! Belajar dari orang yang lebih hebat dan ambil pengalaman berharga mereka.

Yeayy

See you on top!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya