Pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan, ketrampilan,dan kebiasan sekelompok orang yang di turunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran,pelatihan,atau penelitian. pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

DI indonesia sangatlah banyak sekolah yang tidak layak untuk di pakai sebagai tempat belajar mengajar. Karena tidak adanya bantuan pemerintah setempat. Dan masih banyak anak-anak di indonesia yang tinggal di pelosok-pelosok negri kita ini yang belum merasakan pendidikan dengan layak dan bahkan putus sekolah karena masalah ekonomi yang membuat pendidikan mereka terhambat, sehingga mereka sering terganggu dalam proses belajar mengajarnya karena tempat yang tidak layak dan sangat mengganggu seperti misalnya atap bocor saat hujan atau bahkan banjir.

Advertisement

Sebenarnya anggaran pendidikan di indonesia sangatlah banyak. Tetapi anggaran ini tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pendidikan. Banyak yang anggaran yang disalah gunakan oleh pihak yang berwenang hanya untuk kepentingan pribadi . Andai saja pemerintah kita jauh lebih tegas pastilah tidak akan ada yang merasa dirugikan.

Kurangnya aspek pendidikan keagamaan, akhlak dan berkehidupan bermasyarakat. Kembali kita ke masyarakat kalangan bawah, banyak anak-anak di indonesia yang tidak bersekolah karena tidak memiliki biaya. Mereka menghabiskan hari-hari mereka untuk mencari uang, yang seharusnya di lakukan oleh orangtua mereka. Mereka kebanyakan mencari uang dijalanan, menjadi tukang pengamen jalanan dan bahkan peminta-minta.

Sangat menyedihkan sekali mengetahui mereka yang masih anak-anak di bawah umur, yang seharusnya mereka menerima pelajaran sekolah atau bermain dengan teman-temannya. Bagaimana dengan masa depan anak-anak itu ? Masa depan bangsa kita? Pandangan Negara lain tentang kejadian ini ? Bisakah pemerintah mendirikan pos untuk anak-anak ini mengetahui betapa penting dan berartinya pendidikan

Advertisement

Pendidikan di Indonesia memang masih banyak kelemahan tetapi bukan tidak ada kelebihannya. Tidak sedikit anak atau pelajar Indonesia yang mengharumkan nama pendidikan Indonesia sampai keluar negri. Tetapi sayangnya, meski banyak sekolah atau universitas di Indonesia, pelajar di Indonesia lebih banyak memilih melanjutkan pembelajaran di luar negri. Kenapa ?

Apa karena di luar negeri lebih bagus, atau lebih memadai, atau karena gengsi? Sangat di sayangkan pelajar Indonesia lebih memilih sekolah di luar negri. Harapan kita semoga pelajar di Indonesia bisa membawa dampak positif, bukannya tertular dampak negatif. Dan semoga pelajar di Indonesia bisa membawa nama baik dan menjaganya di luar sana.

Berilah kesempatan pendidikan kepada anak-anak Indonesia yang kurang mampu. karena pendidikan juga mengajari kita untuk saling membantu. Pendidikan juga mengajari kita tentang kebaikan-kebaikan, tentang keagamaan, tentang pahala dan dosa. Semua aspek dalam kehidupan kita, bahkan hal yang terkecilpun telah diajarkan dari satu kata penuh makna dan penting dalam kehidupan kita.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya