Mengapa Harus Bingung Memilih Jurusan Kuliah?

Banyak dari mereka yang telah lulus dari SMA maupun SMK melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan akan tetapi keinginan tersebut menjadi terkendala dengan pemilihan jurusan yang nanti akan diambil oleh mereka. Masalah seperti ini bukan hanya dialami satu atau dua mahasiswa saja yang merasakan kendala seperti ini

Menurut saya, bingungnya dalam pemilihan jurusan dikarenakan menerima banyaknya saran yang ada dari orang tua, sanak saudara, sahabat, dan kemungkinan saran-saran dari mereka dapat dijadikan pertimbangan untuk kalian yang bingung dalam mengambil keputusun. Namun kembali lagi pada pemilihan jurusan, kamu harus tahu potensi atau kemampuan dirimu sendiri adakah dari saran saran tersebut yang sesuai dengan potensi kamu.

Advertisement
  • Jangan memilih jurusan yang dianjurkan orang lain atau yang tidak cocok dengan bidang kamu. Karena itu dapat membuat kamu jenuh dan ogah-ogahan untuk melakukan segala aktivitas perkuliahan. Hal tersebut akan berlanjut sampai kalian lulus dan pada akhirnya kalian tidak mendapatkan apa apa selama 4-5 tahun mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan. Tentu akan membuat kalian terbebani. Banyak mahasiswa yang merasakannya lalu memutuskan di tengah jalan atau mendaftar kuliah berbeda jurusan.
  • Perhatikan motivasi diri kamu dalam memilih jurusan. Motivasi dapat diartikan bahwa kalian mengetahui tujuan utama setelah kamu masuk jurusan itu. Tanpa adanya motivasi yang jelas, kalian tidak akan nyaman menjalani dunia perkuliahan. Nantinya, malah akan berdampak ke nilai IPK kalian juga. Jadi usahakan kalian punya motivasi diri mengapa memilih jurusan itu.
  • Ungkapkan kebingungan kalian dengan mencoba konsultasi dengan guru bimbingan konseling, orang tua, dan kakak kelas. Kalian dapat bertanya tentang pengalaman mereka memilih suatu jurusan sampai dengan prospek pekerjaan setelah lulus. Bertanya langsung secara nyata akan memudahkan kalian. Menyesuaikan antara fakta pengalaman yang terjadi pada mereka dengan kemampuan yang kamu miliki.

Kalian tidak perlu lagi memikirkan jurusan tersebut baik atau tidak, bermutu atau tidak serta akan kerja apa kalo kalian pilih jurusan tersebut.

Mengapa kalian harus mengetahui potensi dan minat diri kalian sendiri?

Karena kalian mengambil jurusan seauai minat kalian itu dapat mempermudah proses kuliah selama 4-5 tahun dan kebanyakan mahasiswa yang mengambil jurusan sesuai dengan potensi ataupun minat mereka akan menjadi lulusan yang memiliki keterampilan dan ilmu di bidangnya secara mumpuni.

Advertisement

Jadi memilih jurusan kuliah itu tidaklah membingungkan. Kamu bingung karena tidak punya pegangan dan tidak punya alasan mengapa kuliah. Buat yang masih sekolah di tingkat SMA/K, sangat perlu untuk memulai mengenali apa minat kamu.
Sehingga nanti ketika sudah lulus dan ingin melanjutkan ke bangku kuliah, tidak akan bingung lagi memilih jurusan kuliah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

18 y.o Novel and movie lovers

CLOSE