Salah satu mitos yang tumbuh di masyarakat mungkin adalah mitos bahwa karyawan yag membutuhkan asuransi adalah karyawan yang sudah punya umur saja. Sedangkan untuk karyawan muda, asuransi dianggap tidak dibutuhkan dan lebih baik uangnya digunakan untuk menabung saja. Persepsi itu salah, padahal jika memilih asuransi yang tepat, karyawan muda pun bisa mendapatkan keuntungan. Berikut beberapa alasan mengapa karyawan muda butuh asuransi.

Menangani Pengeluaran Besar Tak Terduga

Advertisement

Salah satu alasan mengapa karyawan muda butuh asuransi adalah untuk menghadapi pengeluaran besar tak terduga. Pengeluaran besar ini terutama ada pada faktor kesehatan yang mana baik muda maupun tua bisa saja terserang penyaki-penyakit yang berat. Dengan asuransi maka karyawan muda yang cenderung perekonomiannya belum stabil, bisa menangani permasalahan tersebut dengan baik.

Meskipun bukan berarti nantinya tidak ada sama sekali pengeluaran, namun pengeluaran akibat kesehatan bisa diringankan dan sudah pasti biayanya lebih besar daripada yang dikeluarkan untuk membayar premi di setiap periode waktu pembayaran. Itulah mengapa karyawan muda butuh asuransi terutama asuransi kesehatan.

Tabungan Terjaga

Advertisement

Punya tabungan? Namun tidak terlalu besar? itulah mengapa sebaiknya karyawan muda butuh asuransi. Dengan asuransi khususnya di asuransi kesehatan, tabungan tersebut akan tetap terjaga meskipun anda membutuhkan dana untuk menangani kesehatan anda. namun tentu saja asuransi yang anda pilih haruslah sesuai dengan kebutuhan anda sehingga anda dapat melakukan klaim.

Mulai Berumah Tangga

Alasan lainnya mengapa karyawan muda butuh asuransi adalah untuk mereka yang sudah mulai berumah tangga dan sudah menjadi tulang punggung keluarga. Keberadaan anda dalam bekerja merupakan sesuatu yang wajib untuk memberikan nafkah pada keluarga. Namun apabila penghasilan anda dirasa kurang memenuhi pun maka penawaran akan jenis asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, serta asuransi lainnya bisa dimanfaatkan.

Pekerjaan Beresiko Tinggi

Untuk alasan selanjutnya mengapa karyawan muda butuh asuransi adalah karena karyawan tersebut memiliki pekerjaan beresiko. Resiko pekerjaan yang dimiliki tersebut bisa berupa resiko kerja dari pemecatan atau PHK dan juga resiko pekerjaan lainnya seperti resiko kecelakaan kerja atau resiko yang dapat menyebabkan kematian atau kecacatan.

Resiko resiko yang bisa saja muncul dari kecelakaan kerja tersebut akan berpengaruh bagi pendapatan dan juga kelangsungan karier seseorang karyawan. Oleh karena itulah, karyawan muda harus mempertimbangkan asuransi yang mereka akan miliki. Karena ancaman seperti PHK, kecelakaan yang bisa menghilangkan jiwa seseorang atau mengakibatkan kecacatan pada seseorang bisa menimpa siapa saja yang mana baik yang tua maupun yang muda. Oleh karena itulah alasan mengapa karyawan muda butuh asuransi.

Solidaritas

Asuransi karyawan yang dikelola adalah untuk kepentingan bersama sesama karyawan. Sehingga tidak jarang asuransi ini disebut sebagai asuransi solidaritas antar sesama karyawan. Solidaritas ini dibangun berdasarkan kesamaan misi dan visi dari karyawan yang umumnya tercangkum dalam satu wadah organisasi. Memang hal ini perlu dipertimbangkan dengan baik karena merupakan kebutuhan karyawan atau hanya untuk solidaritas bersama.

Nah itulah beberapa alasan karyawan muda butuh asuransi dalam keseharian mereka yang aktif dan juga produktif. Bukan berarti asuransi tidak bisa dimanfaatkan, namun mana yang karyawan butuhkan dan dapat membantu untuk mengatasi berbagai permasalahan ekonomi yang sudah tercantum diatas tadi. Bagaimana apakah anda tertarik untuk memilih salah satu dari beberapa jenis asuransi yang cocok dengan karyawan muda?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya