Sampah,sering kali kita anggap sebagai barang yang tidak berguna dan akan hanya menjadi kotoran. Sampah yang kita buang, terutama yang terbuat dari plastik sangat sulit untuk terurai dalam tanah. Padahal, jika membeli barang atau produk jarang tidak dibungkus dengan plastik. Nah, kalau sudah begitu, lingkungan kita akan tercemar dan lingkungan yang kita tinggali sudah tidak sehat lagi bahkan bisa menimbulkan bencana alam.

Salah satu langkah yang baik untuk kita lakukan adalah kita harus menimbulkan rasa cinta pada lingkungan kepada keluarga,teman dan kerabat sekitar. Kita bisa melakukannya dengan sederhana, yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya,mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari dan membuat dua jenis tempat sampah pada lingkungan kita, yaitu tempat sampah untuk sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik bisa dijadikan sebagai pupuk kompos, dengan membiarkan sampah daun-daun pada tanaman. Sampah daun-daun tersebut akan mengurai dan menjadi pupuk. Pupuk kompos lebih baik daripada kita membeli yang berbahan kimia, karena hasil panennya akan terlihat alami dan lebih aman digunakan daripada pupuk kimia, Selain itu, sampah organik bisa kita jadikan sebagai sebuah kreatifitas, misalnya ampas kopi yang bisa kita jadikan untuk melukis, kulit telur bisa dijadikan sebuah seni yang indah dengan cara menempelkan pada gambar atau lukisan serta kulit bambu yang dijadikan sebagai anyaman. Tanpa kita sadari, kita bisa mendapatkan penghasilan dari sampah orgaik.

Kita bisa memanfatkan sampah anorganik untuk berbisnis dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan memanfaaatkan botol bekas menjadi pot bunga atau bisa dijadikan untuk tempat pensil dan bolpoin. Kita juga bisa menjadikan kemasan plastik misalnya bungkus kopi dan deterjen untuk membuat kerajinan tas dan bisa jual ke rumah tetangga atau teman. Jika pemasarannya sudah bagus dan memiliki banyak peminat, kita bisa membuat lapangan pekerjaan untuk tetangga kita. Dari sampah tersebut, kita tidak hanya mendapatkan penghasilan, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja untuk banyak orang.

Berlakulah bijak terhadap lingkungan sekitar kita. Sampah bisa dijadikan sebuah usaha yang dapat menghasilkan lapangan pekerjaan untuk teman bahkan desa kita, tinggal kebijakan dalam menangani sampah. Sudah saatnya kita bersahabat dengan sampah dan mampu mengelolanya. Mari berbuat sesuatu untuk mengelola sampah dengan baik, agar lingkungan menjadi nyaman. Kalau bukan kita yang menyadari, lalu siapa lagi? Bumi ini semakin tua, jadi jagalah dan rawatlah dengan menciptakan lingkungan yang sehat untuk anak cucu kita di masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya