Masa kecil adalah masa di mana dapat tertawa lepas. Menari-menari, merentangkan tangan, tertawa tanpa beban. Masa kecil? Bicara soal masa kecil kita pasti memiliki cerita sendiri-sendiri, tapi yang pasti masa kecil adalah masa di mana kita dapat bermain sesuka kita, tak memiliki beban berarti. Jikapun ada beban, itu hanya sesederhana tak mendapatkan mainan impian.

Masa kecil adalah masa dimana aku, kamu, kita semua tak mengenal malu. Masa dimana kita menjadi makhluk mungil, polos yang tak banyak tahu. Kejujuran identik dengan anak-anak, dengan masa kecil. Karena memang begitulah anak-anak, begitulah anak kecil. Anak kecil makhluk polos yang berkata apa adanya. Ketika kecil hari-hari hanya di isi dengan: tidur, bangun tidur, sarapan, sekolah, pulang sekolah, main, mandi, lalu belajar saat malam. Yang ada dalam benak kala itu hanya belajar, dan bermain. Aih, betapa aku rindu masa itu.

Advertisement

Tak lupa kala sore tiba adalah saat di mana pergi mengaji bersama teman-teman, saling sampar-menyampar satu sama lainnya. Lalu pergi bersama menuju rumah sang guru ngaji. Sungguh, aku rindu. Rindu saat di mana aku dapat tertawa lepas, tanpa beban. Rindu saat di mana aku dapat dengan tenangnya menyantap makanan. Rindu saat di mana aku dapat bermain sepuas hati, tanpa terbebani deadline.

Aku rindu. Rindu masa di mana tak kenal kata privasi. Rindu masa di mana tak kenal beban. Rindu masa di mana tak kenal gengsi. Rindu masa di mana bermain adalah rutinitas.

Aku rindu. Rindu bermain boneka kertas dengan pensil warna sebagai kerangka rumah. Rindu bermain petak umpet dengan teman-teman. Rindu gelak tawa teman-teman saat bermain terabasan. Rindu bernyanyi ular naga panjang saat bermain ular naga. Rindu bermain rumah-rumahan tanah, dengan lidi sebagai orang dipelataran depan rumah. Rindu menaiki pohon mangga, lalu becerita di atas ketinggian pohon mangga bersama teman-teman. Rindu bermain bola bekel, dengan kerang.

Advertisement

Saat kecil aku tak kenal gadget, Android, atau apalah itu jenis telepon pintar lainnya. Aku tak kenal game online, aku tak kenal game dalam gadget. Tapi masa kecilku menyenangkan, tak ada hari yang diisi tanpa gelak tawa. Bahagia saat kecil itu sederhana. Yah, sederhana sangat sederhana. Sesederhana menikmati es lilin. Sesederhana bermain di pelataran rumah. Sesederhana menang dalam permainan. Sesederhana bermain sepeda keliling kampung bersama teman.

Masa kecil? Masa di mana bermain adalah rutinitas. Masa di mana tiada hari tanpa tawa. Masa di mana tak ada yang namanya sedih berkepanjangan. Jika menangispun hanya sesaat, beberapa waktu setelahnya kembali riang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya