Sebelum kita membahas mengenai panorama alam nan menakjubkan di negeri Ratu Elizabeth ini, baiknya kita ketahui dulu apa itu United Kingdom? United Kingdom merupakan kumpulan 4 negara yang terdiri dari Inggris, Skotlandia dan Wales bersama-sama dengan Irlandia Utara yang membentuk negara persatuan. Apa sih yang menarik dari United Kingdom?

Selama ini mungkin kita hanya mengenal United Kingdom dengan destinasi wisatanya berupa keindahan arsitektur bangunannya seperti Buckhingham Palace, London Eye dan lain-lain. Tapi ternyata wisata alam dari United Kingdom pun tidak kalah memukau mata. Berikut adalah 7 destinasi wisata alam yang tersebar di empat negara naungan United Kingdom yang dapat menjadi referensi liburan anda yang menarik.

Advertisement

1. Isle Of Skye, Skotlandia

Destinasi wisata alam dari negeri para viking ini adalah Isle Of Skye. Pulau nan mempesona ini terletak diujung utara gugusan Pulau Inner Herbides Skotlandia. Pulau ini termasuk dalam wilayah administrasi Highland Council, Pulau Ini sendiri merupakan pulau terbesar di gugusan pulau inner Herbides. Keindahan alam dipulau ini didominasi oleh rangkaian pegunungan Cuillins, yang dihiasi tebing-tebing berbatu yang akan memanjakan mata. Karena keindahan alamnya yang sangat menakjubkan, menjadikan tempat ini segabai tempat favorit untuk dijadikan latar dari sebuh cerita novel maupun film. Untuk akses menuju paradise island ini pun tidak telalu susah, dari daratan utama Skotlandia, pulau ini dapat dicapai melalui kapal ferry maupun road bridge.

Advertisement

2. Snowdonia, Wales

Snowdonia merupakan area pegunungan serta taman nasional yang terletak di wilayah barat laut Wales yang memiliki luas sekitar 2130 km persegi. Nama Snowdonia sendiri diambil dari kata snowdon yang merupakan puncak tertinggi di Wales. ditaman nasional ini terdapat beberapa pucak tertinggi di Wales seperti Moel Hebog, Mynydd Mawr dan Nanyile Ridge, Snowdon Massif, Glyderau serta Carneddau. Selain ini Snowdonia juga dihiasi oleh indahnya beberapa danau seperti Lyln Llydaw, Llyn Cowlyd, dan Llyny Dyawarchen.

Nah, untuk kamu yang hobi hiking, Snowdonia merupakan tempat yang tepat karena taman wisata ini dilengkapai dengan jalur setapak sepanjang 2380 km. Untuk aksesnya, wisatawan dapat menggunakan kereta dari Cardiff ke Bangor atau Llandudno.

3. The Cotswolds, Inggris

The Cotswolds merupakan objek wisata berupa lokasi wisata berupa hamparan perbukitan yang sangat luas. Pesona alam yang ditawarkan oleh tempat ini menjadikannya salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke inggris. Di kawasan ini terdapat desa-desa kecil yang bangunan-bangunannya terbuat dari batu. Ada beberapa tempat bersejarah serta perkebunan di objek wisata ini. Costwold juga sering dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya berbagai acara dan festival seperti pertunjukan seni, musik, olahraga, dan berbagai festival lainnya. Selain itu berbagai aktivitas olahraga seperti joging dan bersepeda dapat anda lakukan di pedesaan yang ada di kawasan ini.

4. Bushmills, Irlandia Utara

Bushmills merupakan sebuah desa yang terletak di Country Antrim tepi pantai utara Irlandia Utara. Nama desa ini diambil dari nama sungai Bush dan sebuah kincir air besar (windmill) yang dibangun pada awal abad ke 17. Bushmills terkenal sebagai lokasi Old Bushmills Distellery, sebuah pabrik penyulingan anggur yang telah berdidir sejak 1608. Hal menarik lain yang dapat dijumpai dari Bushmills adalah Giants Causeway yang merupakan pantai yang dihiasi dengan Batu karang di Giant’s Causeway memiliki bentuk tak biasa, tersusun dari kolom-kolom basal berbentuk prisma segi enam namun ada pula yang berbentuk prisma segi empat, lima dan tujuh,

Alkisah, Giant’s Causeway dulunya merupakan reruntuhan jembatan batu yang dibangun oleh seorang raksasa Irlandia, yaitu Finn MacCool. Ia ditantang raksasa Benandonner dari Skotlandia untuk membangun sebuah jembatan yang menghubungkan lautan agar kedua raksasa itu dapat bertemu dan adu kekuatan. Jadilah Fionn membuat jembatan dari tumpukan batu yang bermula dari Giant’s Causeway hingga ke Gua Fingal di Skotlandia. Tempat ini sendiri telah ditetapkan sebagai world heritage site Oleh UNESCO. Untuk ke lokasi ini, traveler dapat menggunakan kereta ataupun bis dari kota Belfast.

5. Loch Lomond, Skotlandia

Loch Lomond. merupakan danau air tawar terbesar di Skotlandia sekaligus terbesar diseluruh Wilayah United Kingdom. Danau ini terletak di wilayah antara Central Scotland dan Scottish Highland. Loch Lomond sendiri merupakan bagian dari Loch Lomond and the Trossachs National Park yang membentang sepanjang 39 km dengan luas permukaan 70 km persegi. Danau ini dikelilingi pulau-pulau kecil, seperti Inchmurrin yang merupakan wilayah terbesar, serta Inchonnachan yang terkenal sebagai wilayah yang dihuni koloni wallaby.

6. Pembrokeshire, Wales

Pembrokeshire adalah sebuah kota yang terletak diujung barat-daya Wales. Tempat ini terkenal dengan objek wisata Pembrokeshire National Park, yang merupakan satu-satunya taman nasional yang terletak di tepi pantai wilayah UK. Selain itu, di kota ini kita juga dapat menikmati landmark kota lainnya seperti Pembrokeshire, Pentre Ifanm Barafundle Beach, Broad Haven South, Preseli Hills Dan Milford Haven Marina. Untuk mencapai kota menakjubkan ini dapat ditempuh dengan menggunakan kereta dari Swansea, Cardiff, London, Manchester, maupun dengan kapal ferry dari Dublin.

7. The Lake District, Inggris

Lake District meruapakan destinasi wisata di Inggris yang wajib dikunjungi oleh para pelancong. Tempat wisata ini terletak County Cumbria yang merupakan sebuah Taman Nasional yang terbesar di Inggris. Daya tarik paling utama yang menjadi magnet dari Lake District yaitu perkampungan danau serta perbukitan yang secara alami terukir oleh erosi glasial. Lake district ini sendiri terdiri atas Hawester Lake, Rydal Water dan Windesmere Lake.

The Lake District menjadi sangat terkenal di Inggris karena keindahannya dan menjadi inspirasi bagi seniman Inggris untuk membuat puisi-puisi romantis yang akhirnya menjadi sangat terkenal di Inggris Raya. Seniman yang sangat terkenal itu salah satunya adalah William Wordsworth, Samuel Taylor Coleridge dan Robert Southey.

Itulah 7 Destinasi wisata alam di United Kingdom yang dapat memanjakan mata para travelers dengan keelokan alamnya. Jadi tunggu apa lagi #AyoKeUK dan rasakan sensasi berbeda liburan di United Kingdom :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya