Pelecehan seksual adalah salah satu kejahatan yang dapat menimbulkan trauma yang cukup dalam bagi korbannya. Pelecehan seksual biasanya diterima oleh wanita namun tidak menutup kemugkinan bisa juga diterima oleh laki-laki. Pada tulisan ini akan difokuskan pada pelecehan seksual yang diterima wanita.

Pada zaman sekarang, masih banyak kasus pelecehan yang umumnya diterima oleh wanita dan dianggap tabu atau aib jika kita menceritakan pelecehan yang kita alami kepada orang lain. Hal ini karena menurut masyarakat untuk membahas hal semacam ini adalah hal yang memalukan untuk dibagikan kepada orang lain.

Padahal ketika ada seseorang yang mengalami pelecehan maka dia akan mengalami trauma yang cukup dalam apalagi sampai terjadi pemerkosaan. Padahal pada pancasila sila kedua yang berbunyi “kemanusiaan yang adil dan beradab” telah dijelaskan bahwa terdapat butir-butir pengamalan seperti menghargai sesama manusia, mengakui persamaan derajat manusia dan memperlakukan manusia seperti manusia bukan seperti binatang.

Pelecehan ini terjadi karena banyak faktor, seperti adanya kesempatan yang dimanfaatkan oleh pelaku pelecehan untuk melancarkan aksinya. Tentu hal ini akan sangat mengerikan dan mengancam para wanita yang sering melakukan aktivitas diluar rumah karena pelaku semacam ini dapat ditemukan  dimana saja.

Pelecehan yang umum terjadi adalah di pinggir jalan,  kendaraan umum, gang-gang sempit dan tempat lainnya yang memungkinkan wanita dapat disentuh-sentuh oleh pelaku. Namun pelecehan ini dapat diantisipasi dan diminimalkan agar tidak banyak terjadi. Hal berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghindari pelecehan :

  1. Jangan gunakan pakaian terbuka yang dapat memicu tindak pelecehan
  2. Jangan pegi keluar rumah sendirian
  3. Hindari tempat sepi dan gelap
  4. Banyak membaca doa dan meminta perlindungan kepada Tuhan

Setelah melakukan tips diatas, apabila kita tetap mengalami tidak pelecehan seksual, kita hanya pelu tenang dan jangan panik. Kita sebagai wanita yang menjadi korban pelecehan tentu tidak boleh diam saja dan ikhlas menerima atas perlakuan yang tidak adil. Saat ini kita sebagai korban dapat melaporkan para pelaku pelecehan kepada pihak berwajib yaitu polisi agar kita dapat menunut keadilan.

Kemudian apakah yang harus kita lakukan setelah mendapat perlakuan seperti itu? Kita tidak boleh diam teman-teman. Kita harus bangkit sebagai wanita yang kuat dan harus semakin berkembang sesuai dengan minat dan bakat kita masing-masing. Kita tidak boleh terpuruk dan lemah setelah mendapat perlakuan pelecehan semacam ini.

Kita harus tunjukkan bahwa kita adalah wanita yang memiliki mental baja dan tidak mudah digoyahkan oleh apapun. Bahkan seharusnya kita memiliki kesuksesan yang lebih karena kita dipilih oleh Tuhan untuk menjadi berbeda diantara yang lain sehingga kita harus lebih kuat dan tangguh menghadapi kejamnya realita hidup.

Akhirnya, adanya pancasila sebagai dasar negara perlu dipahami oleh setiap warga negara yang ada di Indonesia, karena pancasila dianggap landasan hidup untuk seluruh aspek kehidupan di Indonesia. Setiap warga negara perlu memahami makna setiap sila yang ada di pancasila. Sehingga setiap warga negara Indonesia dapat mengerti dan memahami bagaimana hidup tanpa merugikan orang lain.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya