Media komunikasi massa atau media massa merupakan berbagai alat dan sistem yang digunakan dalam konteks komunikasi massa. Media massa memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Peran media massa sangat menentukan dalam penyampaian informasi serta penyebarannya. Media massa dianggap mempunyai keunggulan yang dapat mempengaruhi pikiran manusia sehingga gaya hidup dapat berubah. Pengaruh dari media dapat berupa pengaruh positif maupun pengaruh negatif.

Pada era sekarang penyampaian informasi lebih mudah karena adanya media sosial. Masyarakat semakin dipermudah dengan adanya media sosial karena penyampaian informasi yang menjadi lebih cepat. Keberadaan media mempermudah pemerintah untuk menyampaikan kebijakan yang telah ditetapkan. Media dapat dijadikan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat tertentu untuk mempengaruhi opini publik. Menurut Gurevitch (1990: 270), media komunikasi massa atau media massa memiliki peranan yaitu sebagai alat kontrol sosial politik yang dapat memberikan berbagai informasi mengenai penyimpangan sosial itu sendiri baik yang dilakukan pemerintah, swasta maupun pihak masyarakat. Selain itu, media juga berperan sebagai pembentuk opini dengan cara pembentukan agenda atau pengkondisian politik sehingga masyarakat terpengaruh untuk mengikuti rencana-rencana pemerintah. Media massa juga mampu menjadi tempat berdialog tentang perbedaan pandangan yang ada dalam masyarakat atau diantara pemegang kekuasaaan.

Advertisement

Adanya media sangat mempengaruhi dalam penyebaran isu, misalnya yaitu isu Rohingya. Kasus Rohingya menjadi perhatian besar karena peran penting media dalam pemberitaan kasus tersebut. Meskipun begitu, karena banyaknya pemberitaan yang beredar menimbulkan isu-isu yang simpang siur dan diragukan kebenarannya. Ketergantungan masyarakat terhadap media terutama media sosial berdampak pada pembentukan opini, sikap maupun perilaku masyarakat. Pada isu Rohingya misalnya, yang beredar di media sosial yaitu Twitter menimbulkan perselisihan dengan menggunakan konteks isu kemanusiaan.

Peran media sangatlah penting karena mampu menambah pengetahuan masyarakat mengenai isu-isu yeng terjadi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Namun, informasi-informasi yang disampaikan tidak bisa langsung di percaya begitu saja. Informasi-informasi tersebut harus disaring terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan informasi sehingga tidak menimbulkan perselisihan serta masyarakat harus pandai dalam mengolah informasi yang mereka dapat dari media massa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya