"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim."

Agar bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat tentu dibutuhkan keberanian kapasitas, dan kapabilitas untuk memimpin sebuah bangsa. Supaya mimpi kesejahteraan masyarakat bisa terwujud dan terbentuknya tatanan masyarakat yang cerdas, aktif dan produktif.

Advertisement

Sebuah negara tidak akan bisa maju tanpa mempunyai sebuah pemimpin yang bijaksana dan ideal, yang dapat mengimplementasikan apa yang dibutuhkan rakyatnya. Agar nantinya apa yang dicita-citakan bangsa ini dapat terwujud dan dapat selalu berada dalam rel yang lurus dan cepat. Dan tentunya mereka yang berada dalam bangku kekuasaan harus benar benar menyadari betul apa yang diingakan masyarakat, dan mereka harus mengemban keinginan bangsa ini yaitu kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemimpin itu layaknya sebuah nakhoda, dia yang meimpin bangsa dan sama halnya nakhoda yang membawa badan kapal. Tanpa nakhoda yang handal maka kapal yang dikemudikan di lautan akan terhempas angin laut dan terseret ombak di lautan, dan tanpa nakhoda yang bijaksana dia tidak akan bisa mengambil keputusan yang baik saat kapal itu akan diterjang badai.

Tentunya nahkoda yang tangguh juga terlahir dari laut penuh badai dan ombak bukan dari laut yang tenang. Dan seorang pemimpin yang tangguh terlahir dari perjuaganya, dia membawa negaranya bangkit dan mengatasi semua masalah masalah yang ada pada negara bangsa Indonesia ini dan mengentas segala macam kebodohan, keterbelakangan dan pengangguran yang selalu melekat pada diri masyarakat.

Advertisement

Dari sedikit penjelasan diatas bisa diambil pelajaran khususnya bahwa pemegang bangku kekuasaan harus memiliki sikap integritas, yang mampu menjunjung tinggi nilai, sikap, kebenaran yang diyakini sehingga dapat memberikan keteladanan untuk melakukan perubahan yang jelas dengan proses berfikir jangka panjang. Yang kedua juga harus mempunyai nilai visi dan misi secara tepat dan benar, dalam rangka menentukan langkah pergerakan yang akan ditempuh untuk mewujudkan kesejahteraan diberbagai bidang, seperti bidang ekonomi kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Ketiga mempunyai sikap tegas dan jujur , sehingga roda hukum yang dijalankan berjalan dengan semestinya tanpa terbang pilih supaya nilai keadilan yang disepakati bersama kalangan masyarakat.

Demikian itu merupakan indikator yang harus dimiliki bagi para pengelola atau pemangku kekuasaan bangsa yang sudah diberikan mandat kepercayaan untuk menjadi pemimpin (wakil rakyat). Di Negeri pertiwi ini dengan harapan bisa menjadi tauladan yang baik dan benar serta mampu menjawab persoalan berbagai bidang yang ada dan mempunyai strategi pengembangan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat dan mampu terlepas dari cengkraman jaringan konsumsi internasional (asing). Sehingga bangsa ini dapat berdiri tegak sendiri tanpa harus bergantung pada bangsa lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya