Meditasi saat ini sedang berkembang pesat diberbagai kalangan dengan teknik, gaya dan cara yang beragam. Tujuannya pun berbeda-beda pula, yang pada kesempatan lain alan saya coba untuk membahasnya dalam materi terpisah.

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dan maksimal maka ada baiknya sebelum melakukan Latihan Meditasi, lebih dahulu melakukan persiapan yang cukup baik secara fisik maupun mental.

Advertisement

Ada pun hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk berlatih meditasi bersifat fleksibel tergantung kebiasaan dan kebutuhan masing–masing, seperti misalnya;

    1. Tempat yang nyaman dan bersih.

      Tempat untuk melakukan latihan meditasi akan sangat berpengaruh terhadap pencapain utamanya bagi para pemula. Sehingga penting untuk memilih tempat yang bersih, tenang, dan nyaman. Tapi bagi yang sudah mahir tidak memerlukan tempat yang khusus, bisa di mana saja dan kapan saja.

      Advertisement

      2. Bersihkan diri

      Kebersihan ini berkaitan dengan kenyamanan, dalam hal bisa dilakukan pembersihan seperti mencuci muka, tangan dan kaki. Ada beberapa bagian tubuh yang apabila di basuh air akan membantu memberikan rasa nyaman dan ketenangan pikiran, seperti misalnya telinga, leher, lutut, siku dan tangan. Dengan membasuh bagian itu bisa membantu pikiran terasa lebih nyaman dan tenang.

      3. Lakukan peregangan

      Peregangan ini bertujuan untuk melepaskan ketegangan pada otot tubuh untuk menumbuhkan suasana relax pada otot, sehingga bisa membantu mencapai kondisi relax lebih cepat pula pada pikiran. Maka lakukan peregangan pada kaki, tangan, leher dan juga pinggang. Sesuaikan dengan kebutuhan masing–masing.

      4. Lakukan pranayama

      Pranayama adalah teknik pernapasan yang biasa di gunakan pada praktisi yoga, hal ini juga bertujuan untuk membantu mencapai kondisi pikiran yang lebih tenang dalam waktu yang lebih singkat. Hal inj tentu memerlukan konsultasi dan bimbingan dari orang yang sudah berpengalaman di bidangnya

      5. Duduk dan relax

      Setelah serangkain persiapan tadi atau beberapa yang dipilih sesuai kebutuhan masing-masing, maka langkah selanjutnya dari persiapan ini adalah duduklah dengan relax namun punggung tetap tegak pejamkan mata, berdoa sesuai keyakinan masing-masing. Lalu mulailah berlatih meditasi sesuai yang sudah di pelajari, selamat berlatih semoga mendapatkan hasil yang lebih baik.

      Tapi jika anda belum memiliki teknik meditasi anda dapat menggunakan Teknik Meditasi Untuk Pemula, atau jika memang anda penekun spiritual yang serius bisa mempelajari Teknik Meditasi Bahung Tringan di Pesraman Bahung Tringan Bebandem Karangasem Bali.

      Advertisement

      Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya