Semakin pesatnya perkembangan dunia teknologi tidak hanya berdampak dan merubah gaya hidup orang dewasa. Anak-anak sekarang pun sudah banyak yang ikut berubah gaya hidupnya.

Kita bisa lihat sendiri secara langsung bahwa anak-anak jaman sekarang banyak sekali menghabiskan waktunya di depan komputer atau handphone.

Advertisement

Hal itu sedikit demi sedikit akan menghilangkan rasa sosial mereka nantinya. Untuk itu saya akan sedikit mengulas mengenai permainan yang sudah jarang sekali dimainkan oleh anak-anak terutama yang tinggal di perkotaan. Semoga kita masih ingat dengan permainan ini.

1. Kelereng atau Gundu

Kelereng memiliki nama yang berbeda-beda disetiap daerahnya, ada yang menyebutnya dengan gundu, kelici, guli, bola kecil atau keneker. Permainan ini mengajarkan kita untuk jujur, sportif, berfikir tentang strategi dan yang paling penting adalah ketepatan untuk membidik.

2. Gatrik atau Tak Kadal

Permainan ini dulunya pernah menjadi permainan yang sangat populer sekali di Indonesia. Cara bermainnya yang berkelompol membuat anak-anak belajar tentang kekompakan dan sportifitas.

3. Petak Umpet

Petak Umpet adalah permainan yang biasanya dilakukan oleh banyak orang. Dalam permainan ini kita bisa mengambil pelajaran tentang kejujuran ketika menjadi penjaga karena kita diwajibkan untuk tidak mengintip ketika jaga. Disisi lain kita juga diajarkan untuk cepat dan tepat dalam mengambil keputusan agar tidak ketahuan ketika bersembunyi.

Advertisement

4. Benteng

Benteng adalah permainan yang dimainkan secara kelompok. Setiap kelompol akan mempunyai markas yang harus dijaga. Permainan ini mengajarkan kita untuk tetap jeli dalam mengambil kesempatan dan fokus dalam mencari titik untuk bisa menang.

5. Lompat Tali

Hampir seluruh orang Indonesia pasti mengetahui permainan yang satu ini. Walaupun biasanya permainan ini dimainkan oleh wanita, tetapi bukan hal mustahil permainan ini juga dimainkan oleh pria. Dalam permainan ini ada manfaat yang bisa didapat oleh tubuh yaitu tinggi badan.

6. Ular Naga

Permainan ini sangat cocok dilakukan di tempat yang luas seperti lapangan atau halaman rumah. Dalam permainan ini kita diajarkan untuk tetap fokus agar tetap bisa mengikuti barisan yang ada.

7. Engklek

Engklek adalah permainan yang dilakukan dengan cara menggambarkan kotak-kotak sebagai tempat bermainnya. Di dalam permainan ini kita mendapatkan pelajaran tentang keseimbangan, ketepatan dalam melempar benda sebagai tanda bahwa kotak tersebut tidak dapat di injak.

8. Congklak

Permainan ini biasanya dilakukan oleh wanita dengan dua orang. Biji congklak biasanya didapat dari berbagai biji-bijian yang ada. Dalam permainan ini kita mendapat pelajaran untuk bisa berhitung dengan lancar dan benar. Disisi lain kita juga diajarkan untuk berkonsentrasi dalam berhitung agar tidak salah.

9. Peletokan atau Bebeletokan

Peletokan atau bebeletokan adalah permainan yang biasanya dilakukan oleh anak laki-laki. Permainan ini dibuat dengan menggunakan bambu yang berukuran kecil. Dalam permainan ini kita diajarkan untuk dapat kreatif dalam membuat peletokan yang bagus serta menyusun strategi dalam bermain dengan teman-teman.

10. Bekel

Permainan ini dilakukan dengan menggunakan bola karet kecil dan biji-bijian. Dalam permainan ini kita dapat mengambil pelajaran tentang kecepatan dan ketepatan, karena harus melempar bola ke atas dan menangkapnya kembali. Tetapi sebelum bola tertangkap kita di wajibkan untuk mengubah posisi dari biji yang ada hingga semuanya tersusun sama.

Itulah beberapa permainan yang sudah jarang sekali kita temukan atau dimainkan oleh anak-anak dijaman sekarang. Entah nanti anak cucu kita mengetahui permainan ini atau tidak.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya