Siapa sih yang tak suka menghabiskan liburan dengan jalan-jalan sambil berwisata kuliner. Pasti semua orang sangat menyukai hal menyenangkan ini, sambil menikmati pemandangan atau lokasi wisata kamu juga dapat mencicipi makanan yang terjaja.

Surabaya adalah salah satu kiblat wisata dengan sejuta makanan khasnya, salah satu makanan yang paling terkenal di kota ini adalah rawon, orang Surabaya sangat menggemari salah satu makanan khas jawa timur ini bukan orang Surabaya kalau belum mencicipi rawon. Banyak sekali jenis rawon yang dijumpai di kota atlas ini namun yang paling hits dan banyak diminati serta di tunggu-tunggu yaitu Rawon Setan Surabaya.

Advertisement

Cerita dibalik Rawon Setan Surabaya ini

Jika kamu mendengar “rawon setan” pasti kamu membayangkan bahwa makanan ini bercita rasa sangat pedas atau makanan yang berasal dari negeri mereka. Ya kamu salah kenapa makanan ini disebut sebagai rawon setan karena uniknya jam buka warungnya yaitu sekitar pukul 23.00 WIB dini hari.

Bisa dibayangkan betapa larutnya hari ketika warung ini buka namun orang-orang selalu berdatangan mengkrubungi si gentangan hitam lezat nan gurih ini di waktu tengah malam sudah pasti makanan satu ini menjadi makanan favoritnya orang Surabaya.

Advertisement

Makanan dengan kuah hitam kental ini sanggup membuat semua orang mabuk kepayang dengan bumbu khasnya yang biasa dicampur keluwak yang membuat kuahnya hitam pekat dan tentunya bumbu rahasia tergantung warung Rawon Setan Surabaya yang kamu jajaki. Jenis isi/lauk daging juga bervariasi ada yang berisi potongan daging, jeroan, telur, dan buntut sapi tergantung dari pengunjung yang memesan

Mbah Musiati sudah mengawali usaha rawon sejak tahun 1953, warungnya dahulu berada di pinggir jalan Embong Malang berdekatan dengan gedung NIROM (RRI) yang tempatnya tak begitu luas, sudah bertegel dan bercat. Di dinding warung juga di tempel foto tokoh-tokoh yang pernah singgah dan makan seperti para artis dan pejabat.

Mbah Musiati membuka warung usahanya pada jam yang tidak biasa yaitu sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Maklum saja warung Mbah Musiati melayani para pekerja malam. Kian lama warung mbah musi kian ramai pengunjung kemudian pada tahun 2004 Mbah Musiati memutuskan menyewa sebuah ruko tiga lantai tepat di depan rumahnya seharga Rp 40 juta pertahun.

Suatu ketika Mbah Musiati memilih untuk berhenti berjualan rawon karena kesehatannya yang kian mengkhawatirkan yang kemudian warungnya dikelola oleh cucu dan menantunya mbak Endang dan Bu Sup yang dahulunya mereka juga sudah membuka warung rawon atas nama mereka, kemudian mereka berkolaborasi setelah mbah musiati mewariskan warung rawon setan, mereka bergantian menjaga warung warisan tersebut yang kemudian hari masing-masing mereka memutuskan tidak lagi berkolaborasi dan memutuskan untuk melanjutkan warung mereka sendiri dengan nama yang sama.

Pada masa pengelolaan oleh mantu dan cucunya warung sudah dibuka lebih cepat yaitu sekitar pukul 23.00 WIB. Warung ini berada di Jl. Embong Malang saat ini menjadi warung Rawon Setan Surabaya yang paling ramai dari seluruh warung rawon setan.

Rawon setan ini gentayangan dibanyak lokasi

Tiga dari empat anak Mbah Musiati memutuskan untuk mengembangkan usaha Rawon Setan Surabaya. Salah satu yang paling terkenal dan paling ramai pengunjung adalah warung rawon setan milik anak Mbah Musiati yaitu mbak Juwariah dan Lusi yang berada di depan hotel JW Marriot kemudian warung rawon mbak Endang yang berada di beberapa mall dan Pujasera serta warung rawon Bu Sup yang berada di Jl. Tunjangan mereka semua membuka warung dengan nama brand yang sama yaitu warung rawon setan hanya ditambah nama di belakang di penamaan warung setan dan hanya berbeda logo saja.

Soal cita rasa tidak banyak berbeda hanya berbeda varian menu yang disajikan jadi kamu tinggal memilih saja lokasi mana yang paling dekat tentu juga.

Kamu juga tidak perlu khawatir tersesat mencari makanan yang satu ini, pasti semua orang Surabaya yang kamu tanyakan tahu lokasi makanan berkuah hitam ini.

1. Lokasi pilihan

Kamu dapat mengunjungi berbagai warung Rawon Setan Surabaya diberbagai lokasi, di antaranya:

Rawon Embong Malang (Mbahnya) Warung Mbah Musiati pertama berada di Jalan Embong Malang (depan JW Marriott)

Rawon Bu Sup (Mantunya ) Menantunya Mbah Musiati membuka cabang di berbagai lokasi yaitu Jalan Jemursari 138, Jalan Kutisar Utara 42,Jalan Kedung doro 22 b dan G-Walk Cita Raya

Rawon Mbak Endang (Cucunya) Warung Rawon Setan Surabaya cucu mbah musianti berada di Jalan Simpang Dukuh (Depan Kompleks Andika Plaza), Jalan HR Mohammad, Jalan Genteng Kali dan Bandara Internasional Juanda

2. Jam buka warung Rawon Setan Surabaya

Seiring dengan banyaknya peminat dari makanan yang satu ini, warung-warung penyedia rawon setan kini mulai buka pada pukul 07.30 – 22.00 WIB tidak lagi pada jam tengah malam jadi kamu yang pengen banget tidak perlu khawatir keluar tengah malam untuk menyicipi makanan khas Surabaya ini tinggal datang ke gerai warung rawon yang bahkan kini tersedia ketika jam makan pagi.

3. Harga yang di tawarkan

Harga yang ditawarkan untuk seporsi dari rawon bervariasi tergantung dari topping daging yang diinginkan. Biasanya harga disetiap warung yang menjajakan rawon yang satu ini dengan rentang harga yang dibandrol sekitar 25.000 perporsi yang dihidangkan. Jadi kamu tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk menikmati makanan khas Surabaya ini. Tunggu apalagi kamu harus datang dan mencoba mencicipi kuliner ini agar tak menyesal nanti-nanti.

4. Testimoni Rasa

Soal rasa tidak jauh berbeda dari beberapa warung rawon setan, rawon setan disajikan dengan berbagai topping yang sangat menggugah selera dan potongan daging sapi yang berukuran besar serta dengan taburan bawang goreng yang mempercantik tampilan dan tentunya rasa yang semakin nikmat.

Dagingnya berasa empuk ketika digigit dan kuahnya yang hitam legam berasa gurih yang sanggup menambah selera makan. Juga disediakan lauk tambahan seperti tahu goreng, tempe goreng, telur rebus, telur asin, telur pindang, perkedel, empal daging dan daging sapi tambahan.

Jika kamu pecinta pedas tidak ada salahnya menambahakan sambal kedalam rawon agar rasa semakin nikmat. Rawon juga paling enak disajikan bersama telur asin dan perkedel ditambah sepiring nasi putih hangat. Pemesanan nasi bisa juga terpisah jika kamu hanya ingin memesan rawon tanpa nasi.

Jadi terserah saja jika ingin menikmati rawon dengan berbagai versi yang jelas semua disajikan dengan mirip, nikmat dan pastinya menggugah selera para pecinta kuliner indonesia.

https://id.wikipedia.org/wiki/Rawon https://www.kabarkuliner.com/rawon-setan-mbak-endang-jl-embong-malang-surabaya/

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya