Masih terjajah, tetap terjajah, terus terjajah. Itulah yang terjadi di negara kita. Banyak orang yang masih belum mengerti apa arti merdeka sesungguhnya.


Merdeka adalah bebas, berdiri sendiri, tidak terikat, dan tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu.


Advertisement

Oke kita memang sudah bebas dari segala bentuk penjajahan. Namun apakah kita sudah tidak bergantung kepada pihak tertentu ?

Jika memang betul kita tidak tergantung kepada pihak manapun, apakah Anda bisa menjamin kalau handphone atau laptop yang sedang Anda gunakan untuk membaca artikel ini adalah produk asli dari negara kita ?

Hal yang serupa bisa kita temukan pada toko-toko yang mayoritas dimiliki oleh orang luar. Apakah Anda bisa menemukan orang Indonesia di sana ? Tentu jawabannya adalah ada. Tapi jika penulis bertanya mereka bekerja sebagai apa di sana, maka Anda harus berpikir sekali lagi. Rata-rata perusahaan asing yang datang di negara kita justru membunuh usaha-usaha milik pribumi dan negara kita seakan direndahkan dengan banyaknya pegawai mereka yang merupakan pribumi.

Advertisement

Begitu pula dengan dunia hiburan. Sekarang ini sebuah stasiun televisi lebih banyak mengadaptasi acara-acara dari stasiun televisi di luar negeri untuk ditayangkan di negara kita. Terkadang jalan ceritanya pun sama persis dengan acara di luar sana.


Penjajahan telah terjadi di segala sektor terlebih saat ini kita menghadapi yang namanya MEA. Jika kita tetap tidak bisa melepaskan diri dari ketergantungan dan tetap tidak bisa menciptakan sesuatu yang mendunia, maka akan seperti inilah nasib kita.


Yuk bagi generasi muda saat ini, lebih aktif dan kreatif lagi menemukan ide-ide yang bisa membangun bangsa ini lebih maju.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya