Have u ever feel insecured with urself? Ok, mee too:)

Apa sih sebenernya yang bikin kamu insecure sama diri sendiri? Mayoritas orang-orang beropini kalau sesuatu yang mereka punya nggak sesuai dengan standar yang ditentukan oleh lingkungan sendiri. Seperti yang terjadi sekarang banyak banget yang nggak pede sama tubuh sendiri. Banyak yg merasa nggak cantik, nggak langsing, nggak pintar, nggak kaya pokonya nggak sesuai dengan standar yang ada.

Advertisement

Saya sendiri pun sempet berpikir kaya gitu, tapi lama-kelamaan saya mulai merasa depresi dan nggak pernah menghargai apapun yang saya capai atau dengan kata lain saya nggak pernah menghargai diri sendiri. dan ini semua berawal dari mantan pacar saya:)

Dulu waktu saya masih menjalin hubungan sama dia saya sering banget dibandingin sama orang lain yang jauh dari saya. Jauh lebih cantik, lebih anggun, lebih pinter. Dulu saya bukan tipe orang yang terlalu ambil hati kalau dibandingin kaya gitu, tapi lama-kelamaan tanpa saya sadari itu semua merubah sifat saya yang cuek sama omongan orang jadi lebih perasa dan berujung stres sendiri.

Ketika dia sering nunjukkin cewe-cewe cantik zaman sekarang di situ saya mulai benci sama diri sendiri dan meratapi nasib "kok gue nggak kaya mereka sih" siapa yang tahu kalo ternyata hal sepele kaya gini membawa saya jadi pribadi yg lebih buruk.

Advertisement

Lingkungan sekitar juga kurang mendukung, semenjak kuliah dan ngekost di tempat yg panas banget kulit wajah dan badan saya mulai gosong, Banyak banget yang bilang "ih kok lu iteman?" "Ih kok lu jerawatan" "udahlah sadar diri kita mah nggak cantik" dan berbagai kata menyakitkan lainnya udah jadi makanan saya sehari-hari.

Hal kaya gitu bikin saya gabisa bergaul dengan luwes sama orang baru, saya jadi gapunya banyak temen baru, nggak pede buat unjuk diri, bahkan buat ngobrol sama orang pun jadi ngerasa risih sama diri sendiri dan itu Benar-benar nyiksa batin saya. Sayya liat diri saya di cermin, hm emang bener kamu nggak cantik, emang bener kata orang kamu item, emang bener kata orang kamu dekil, emang bener kata orang kamu bodoh. Dan mulailah saya benci sama tubuh sendiri.

Saya mulai coba untuk membentuk badan dengan pake korset dan diet tiap hari, pake skincare pemutih pokoknya saya mau rombak diri saya sendiri dengan harapan orang-orang akan lebih menghargai saya, punya banyak teman, dan saya akan hidup lebih baik lagi. Tapi sayangnya perubahan yang saya lakukan ternyata tanpa perhitungan yang matang.

Dari korset yang saya pakai saya jadi sering ngerasa pengap buat beraktivitas, dari diet itu saya jadi sakit-sakitan dan parahnya saya terkena TBC karena pola hidup yang nggak sehat, setahun saya berjuang sendiri buat sembuh dan itu berat banget, karena TBC itu saya jadi nggak bisa bebas berorganisasi dan hanya jadi mahasiswa kupu–kupu yang punya rutinitas membosankan. Saya meyesal,sungguh menyesal.

Dari skincare yg saya pakai kulit saya mulai tumbuh banyak jerawat, kulit jadi rusak sedih banget ngeliatnya:) dan saya selalu ngerasa sendiri karena nggak punya temen yang banyak, saya harus mendem dalam-dalam semua keluh kesah yang dirasain sendiri karena balik lagi ke masalah nggak menghargai diri sendiri, saya ngerasa kalau masalah saya hal yang lucu dan bakal jadi bahan ketawa orang lain.

Saya belum sepenuhnya sembuh dari masalah ini, tapi yang saya pelajari DONT EVER HATE YOURSELF AND YOUR BODY! Karena siapa lagi yang bakal menghargai kalau bukan dimulai dari diri kita sendiri, bicaralah sama semua orang atas nama diri sendiri bukan fake jadi orang lain. Semua orang diciptain dengan keunikan dan kelebihannya masing-masing, klise didengar bukan? Tapi percayalah kalau kalian mendalami dan mengerti kata-kata ini akan sangat membantu kalian buat bangkit dari keterpurukan yang kalian sedang alami.

Kalau lagi ngaca khususnya para cewe, siapa nih di sini yang suka scan muka ataupun badan kalian sambil men judge "kok mata gue sayu banget si" "kok hidung gue pesek si" STOP DOING THAT coba deh untuk narsis sedikit aja hehe karena menurutku lebih baik narsis jadi kalian bisa lebih pede sama diri sendiri daripada men judge diri sampai ngebuat kalian down sendiri.

Haters gonna hate, sampai kapanpun bakal ada yang nggak suka sama kita, kita cuma punya dua tangan dan nggak akan cukup buat nutup mulut mereka yang terus komentarin hidup kita. Lebih baik kita pakai tangan itu buat nutup kuping kita dari omongan negatif dan terus melakukan progress yang bertahap buat kemajuan hidup kita. Kecantikan akan hilang seiring berjalannya waktu tapi nggak dengan kepribadian dan skill yang kita punya, mereka nggak akan bisa dimakan waktu.

So spread your love stop dengerin komentar nyinyir dari orang sekitar kamu, terus bersikap baik karena kebaikan kamu lah yang akan selalu diingat orang bukan kecantikan kamu:)

Semoga saya dan kalian yang sedang mengalami insecure high level bisa terus bangkit dan lebih percaya sama diri sendiri

With love,

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya